From: Sunu Praptono [mailto:sunu.prapt...@gmail.com]
Sent: Tuesday, May 31, 2011 2:02 PM
To: iagi-net@iagi.or.id
Subject: Re: [iagi-net-l] To Danny Hilman : Mampukah gempa Yogya memicu Lusi
?(was Re: [iagi-net-l] Andang Protes)

Kayaknya pendekatan Pak LL ini yang menghasilkan kesimpulan bahwa gempa Yogya
"terlalu kecil" untuk mengetarkan Lusi pada peneliti terdahulu yang dikutip
Tingay. Tapi ga pa-pa dibahas di sini untuk penambahan pengetahuan kita
bersama. Maaf mungkin forumnya juga lebih cocok di HAGI ya, akan lebih banyak
yang nyamber topik ini.

Dalam presentasinya Amanda membandingkan sederetan kejadian gempa dan
aktivasi venting system di Amrik sana yang dirangkum oleh Pak AHS, yang
diinduksi oleh gempa relatif besar pada jarak yang lebih jauh dari pada
Lusi-Bantul. Juga dia menyoroti deretan waktu kejadian antara gempa Bantul,
erupsi merapi, Lusi dan erupsi Semeru dan menyoroti kemiripan kedua
sirkumstansi itu.

Sebenarnya yang saya ingin dari Pak DHN adalah komentar seberapa benar
analisa Clarke dan data yang dia ungkapkan apakah valid atau tidak, dan
apakah pendapat itu hanya milik Clarke seorang atau memang sudah menjadi
pendapat umum di antara para ustad gempa di sana.

Salam,

Sunu.