Salam,
Senang kalau saja ada up-date tentang Bumi yang berkembang ini. Bagimana
perkembangannya ?

Alfred Wagener (1912) dengan berpaham semua benua semula besatu "Pangea", di
umur 200 Maa "Million annum ago", perlihatkan kalau benua semenjak umur itu
saling menjauh, seperti berkembang. Masa bersatunya semua benua itu, kini di
kenal PermianTriassik (277-207 Maa).

Di ikuti Carrey 1945, yang lalu banyak tinggal di Australia, maka banyak pakar
Australia mengikuti faham "Expanding Earth" beliau. Davidson, mengajari saya
kursus "geology Structure" pd 2000, fahamkan Jari jari Bumi masa 200 Maa itu
adalah 80 % di banding jari-jari Bumi kini.

Disertasi James Maxlow 2005, fahamkan ketika PermianTriassik bahwa semua hanya
ada satu benua Pangea (gabungan semua benua), tak ada lautnya ("Phantalasanya).
Dan di hitung masa PewrmianTriassik itu, jari-jari Bumi  adalah 45 % di banding
jari-jari bumi kini. Collins 2003, masih berfaham konstan jari-jari Bumi sejak
Cambirum (setidaknya) hingga kini.

Kami berfaham Bumi kembang kempis dengan pereode 7x10^n tahun (berupa jumlahan
sinusoidal pereode dlm tahun 7, 70, 700, ...., 70 G"Giga").  Alam, kini langit
ke-1 berdiameter orde 10^28 meter, yang semula pada Big Bang 18,6 Gaa "Giga
annum ago", hanyalah sebesar bola tenes.

Wass,
Maryanto.

Kirim email ke