 From: Rovicky Dwi Putrohari <rovi...@gmail.com>
To: IAGI <iagi-net@iagi.or.id>; geologi...@googlegroups.com
Sent: Friday, February 17, 2012 1:09 AM
Subject: [iagi-net-l] Fwd: Laporan Lengkap Tim Katastropik Purba

FYI

---------- Forwarded message ----------
From: e_ridzky <e_rid...@yahoo.com>
Date: 2012/2/16
Subject: Laporan Lengkap Tim Katastropik Purba
To: Ketua IAGI - Rovicky <rovi...@gmail.com>

*Tujuan tim tidak mencari piramid*

Laporan Lengkap Tim Katastropik Purba

Bermula meneliti data kebencanaan di masa silam, Tim Katastropik Purba menguak
peradaban di masa silam yang musnah.

Tim Katastropik Purba bentukan Staf Khusus Presiden telah merampungkan riset
awal. Tim ini meneliti apakah ada keterkaitan antara kejadian bencana di masa
silam dengan peradaban masa lalu untuk dibandingkan di masa kini. Tim ini
terdiri dari DR. Danny Hilman, DR. Andang Bachtiar, DR. Budianto 'Didit'
Oentowirjo, DR. Wahyu Triyoso, DR. Irwan Meilano, DR. Hamzah Latief, Ir. Wisnu
Ariestika dan Ir. Juniardi.

Pada awalnya tim ini menjadikan objek utama riset melalui data kebencanaan dan
anomali Gunung Sadahurip dan beberapa situs yang terkubur karena diduga kuat
karena bencana. Dengan segala kehati-hatian, serta pengujian alat/teknologi
yang digunakan, maka tim juga mengembangkan riset di beberapa tempat lain
seperti Banda Aceh, Trowulan dan situs megalitikum Gunung Padang.

Karena di Gunung Padang hasil uji teknologi menunjukkan kemiripan dengan Gunung
Sadahurip, maka tim memutuskan untuk terlebih dahulu melakukan tahap pengeboran
untuk membuktikan uji teknologi. Hasilnya ternyata membuktikan bahwa ada
kesesuaian antara uji teknologi dan hasil pengeboran.

Di Gunung Padang tim menemukan bangunan yang terpendam berupa man made
structures. Hasil yang didapat di Gunung Padang sekaligus mengalibrasi obyek
riset utama yaitu Gunung Sadahurip yang direncanakan pengeborannya dilakukan
pada bulan Maret ini.

Laporan Riset Gunung Padang

1. Dari analisis morfologi Gunung Padang jelas memperlihatkan Gunung Padang
seperti sebuah gundukan besar di kaki sebuah punggungan dari Gunung Karuhun
(perbukitan tinggi di selatan Gunung Padang). Artinya, interpretasi geologi
yang paling mungkin adalah gunung api purba atau intrusi batuan beku. Tapi
apakah demikian? Dari hasil survei lintasan Geolistrik (memakai SuperSting R8)
tidak mendukung interpretasi geologi ini.

Ada beberapa lintasan geolistrik yang dibuat: Dua lintasan dengan spasing
elektroda 3m dan 8m untuk penampang Utara-Selatan, tiga lintasan dengan spasing
elektroda 1m, 4m, 10m untuk penampang Barat-Timur (catatan: spasing elektroda
3m dengan jumlah electrode 112 depth of penetrationnya ~ 60m, yang 8m sampai
200 m-an). Singkatnya, data geolistrik tidak memperlihatkan struktur intrusi
magma, volcanic plug ataupun gunung purba, melainkan satu geometri yang sangat
unik dan sepertinya tidak alamiah. Inti gambaran subsurface Gunung Padang. Dari
atas 0 - ~20m adalah lapisan horizontal dengan resistivity ratusan Ohm-meters.

Di bawah itu ada lapisan dengan resistivity ribuan Ohm-meters (warna merah)
dengan tebal sekitar 20-30meter, miring ke Utara tapi anehnya bagian atas
lapisan miring ini seperti "terpancung rata" (di kedalaman 20 meteran itu) dan
membaji pas di ujung selatan Situs. Ini mengindikasikan bahwa dari depth 20
meter ke atas adalah man-made structures. Lapisan merah diduga adalah batuan
keras massif - batuan andesit-basalt. Di bawah lapisan merah adalah lapisan
batuan yang low-resistivity - kemungkinan berpori dan ber-air.

Tapi yang unik adalah adanya bentukan biru besar membulat di bawah situs yang
sangat rendah resistivitasnya (mendekati 1 atau true conductor). Keunikan tidak
berhenti di situ, di bawah si biru bulat itu ada lapisan dengan resistivitas
tinggi (merah) - batuan keras yang berbentuk seperti cekungan atau "cawan
raksasa" yang posisinya kira-kira sekitar 100 meter dari puncak atau sedikit di
bawah level tempat parkir di permulaan tangga untuk naik ke situs. Penampakan
cawan ini sangat konsisten terlihat di lintasan Utara-Selatan dan Barat-Timur.
Sama sekali tidak terlihat ada indikasi "feeding dukes" atau leher intrusi di
Penampang geolistrik.

Dugaan lapisan 20 meter ke bawah dari atas situs adalah man-made structures
ditunjang oleh survei GPR di atas Situs. survei GPR dilakukan berbagai lintasan
di semua Teras 1-5 dengan memakai antenna MLF 40 MHz dari SIR-20 GSSI yang
dapat menembus kedalaman sampai sekitar 25-30 meteran. Dari survei GPR terlihat
ada bidang very high reflector di kedalaman sekitar 3-5 meter dari permukaan di
semua teras. Bidang ini sangat horizontal dan juga membentuk undak-undak
seperti situs di atasnya. Di bawah bidang ini struktur lapisan tidak kalah
unik. Ada lapisan melintang yang memotong lapisan-lapisan horizontal -tidak
mungkin ada struktur geologi seperti ini apalagi di bukit 'vulkanik'.
Singkatnya, penampang georadar sangat mendukung interpretasi struktur bangunan
sampai kedalaman 20 m.

Struktur di bawah situs ini berundak juga mengikuti struktur teras situs yang
terlihat di permukaan. Dari berbagai lintasan geolistrik 2D sangat mungkin
bahwa sampai ke kedalaman sekitar 100 meter, yaitu sampai ke struktur batuan
keras berbentuk Cawan adalah bangunan atau paling tidak tubuh batuan alamiah
yang sudah dipermak manusia. Hasil survei geolistrik 3-D pada situs di atas
puncak yang dimaksudkan untuk mendapatkan sub-surface structure yang lebih
detil. Survei 3-D ini mencakup hampir seluruh luas situs (memakai spacing 5m
dibuat 4 lines Utara Selatan dengan electrode 112 buah - atau setiap line ada
28 electroda). Depth of dari survei 3-D ini mencapai kedalaman 25 meteran.
Hasil 3-D dapat meng-iluminasi struktur di bawah situs dengan baik. Yang
membuat terkesima adalah kenampakan tiga tubuh very-high resistivity (lebih
dari 50.000 ohm.m) di bawah Teras 1, 2, dan 5.

Dengan nilai resistivitas setinggi ini kemungkinannya ada dua: tubuh sangat
solid/pejal atau merupakan ruang ("CHAMBER"). Yang paling mungkin adalah Ruang
hampa udara ("The Chamber of secret"). Dimensi chamber tersebut kelihatannya
sangat besar. Hasil survei geomagnet yang dilakukan dengan peralatan GEM
Overhauser yang sangat sensitive yang biasa dipakai untuk survei arkeologi.

2. Hasil pemboran di Gunung Padang. Ada dua titik yang di pilih: Bor satu di
ujung Selatan Teras 3, Bor ke dua di samping Selatan Teras 5. Sebenarnya dua
lokasi bor yang dipilih bukan titik "Jack-pot" yang seharusnya di-bor, misalnya
persis di atas Chamber atau anomaly high magnetic-nya. Hal ini dikarenakan
lokasi-lokasi ini di atasnya dipenuhi tumpukan kolom andesit situs yang "tidak
boleh dipindahkan". Kami mendapat ijin bor dari pihak berwenang tapi belum
diperbolehkan untuk memindahkan bebatuan situs. Walaupun demikian, hasil
pemboran sudah cukup untuk membuktikan dugaan struktur bangunan dan juga sukses
dalam mengkalibrasi hasil survei georadar dan geolistrik.

Pada Lubang Bor 1: dari permukaan sampai kedalaman kira-kira 3 meter terdapat
perlapisan susunan kolom andesit 10-40 cm (yang dibaringkan) diselingi lapisan
tanah. Setiap kolom andesit ini dilumuri oleh semacam semen (sama seperti yang
ditemukan waktu trenching dinas kepurbakalaan tahun 2000 sampai kedalaman 1.8
meter). Sewaktu menembus 3m kami mendapat surprise karena tiba-tiba drilling
loss circulation dan bor terjepit. Yang dijumpai adalah lapisan pasir-kerakal
sungai (epiklastik) yang berbutir very well rounded setebal 1 meteran (Note:
Rupanya bidang tegas yang terlihat pada GPR itu di kedalaman 3-5 meter di semua
Teras adalah batas dengan permukaan hamparan pasir ini). Dari sudut teknik
sipil, diperkirakan hamparan pasir ini dimaksudkan sebagai peredam guncangan
gempa.

Bagian di bawah kedalaman 4m yang ditembus bor ditemukan berupa selang seling
antara lapisan kolom andesit yang ditata dan lapisan tanah-lanau. Lapisan kolom
andesit yang ditata itu sebagian ditata horizontal dan sebagian lagi miring
(catatan: ini sesuai dengan survei GPR yang memperlihatkan bahwa perlapisan ada
yang horizontal dan ada yang miring). Baru dikedalaman sekitar 19 meter bor
menembus tubuh andesit yang kelihatannya massif tapi penuh dengan fractures
sampai kedalaman sekitar 25 meter (note: sesuai dengan penampang geolistrik
bahwa kelihatannya bor sudah menembus lapisan merah yang terpancung itu).
Banyak ditemukan serpihan karbon, diantaranya ditemukan di kedalaman sekitar
18m yang lebih menguatkan bahwa lapisan batuan dan tanah yang ditembus bukan
endapan gunung api alamiah tapi struktur bangunan.

Bor ke-dua yang dilakukan persis di sebelah selatan Teras 5 menembus tanah
(yang seperti tanah urugan sampai kedalaman sekitar 7 meter. Kemudian ketemu
batuan andesit keras. Di kedalaman 8 m terjadi hal mengejutkan - Total Loss,
40% air di drum langsung tersedot habis. Hal ini berlangsung sampai kedalaman
10 m. Inilah target utama-nya - tubuh very high resistivity yang terlihat jelas
di Geolistrik 3-D. Mata bor menembus rongga yang diisi pasir (kering) yang
luarbiasa keseragamannya seperti hasil ayakan manusia. Di bawahnya ketemu lagi
dua rongga yang juga terisi pasir 'ayakan' itu diselingi oleh 'tembok' andesit
yang sepertinya lapuk. Pemboran berhenti di kedalaman 15m.

Hasil preliminary dari analisis carbon radiometric dating dari banyak serpihan
arang yang ditemukan dikedalaman sekitar 3.5m. menunjukkan umur Carbon Dating
sekitar 5500 tahun yang kalau dikonversikan ke umur kalender adalah sekitar
6700 tahun BP atau sekitar 4700 SM, jauh lebih tua dari umur Pyramid Giza
yangsekitar 2800 SM. Masih banyak analisis yang sedang dilakukan untuk mencapai
hasil yang lebih solid lagi, termasuk penentuan umur carbon dating dibeberapa
horizon stratigrafi.

SINOPSIS BOR: Berhasil melakukan kalibrasi survei Georadar dan Geolistrik. Satu
diantaranya yang penting bahwa tubuh high resistivity yang terlihat di
geolistrik adalah rongga yang di lokasi Bor-2 rongga ini sebagian terisi oleh
pasir 'ayakan' yang sangat kering.

3. Konstruksi tumpukan batu Gunung Padang bukan pekerjaan sembarangan tapi
hasil olah arsitektur yang luar biasa. Setelah dilakukan studi banding ke
Michu-Pichu (bangunan Piramid Maya di Peru) seorang arsitek yang meriset di
Gunung Padang Pon Purajatnika (mantan ketua Ikatan Ahli Arsitektur Jabar)
berkesimpulan bahwa arsitektur G.Padang persis sama dengan Michu Pichu. Beliau
juga sudah membuat rekonstruksi Situs Gunung Padang di atas bukit. Sketsa
imajiner arsitektur G.Padang dari puncak sampai dasar
Sungai Cimanggu ~200m - Yaitu sebuah Piramid - ala Maya - yang sangat besar.

Laporan Riset Gunung Sadahurip

Gunung Sadahurip kini menjadi pembicaraan dimana-mana. Eksplorasi lebih lanjut,
termasuk pengujian/kalibrasi dengan (coring) sumur bor tahap yang masih
diperlukan untuk memastikan Gunung Sadahurip sebagai man made structures secara
scientific, meskipun hasil uji teknologi yang ada, terlihat kemiripan hasilnya
dengan gunung padang. Tim mendahulukan Gunung padang karena salah satu
pertimbangannya sebagai pengujian kalibrasi disamping alasan teknis lainnya di
gunung padang tidak menyedot perhatian. Direncanakan pada bulan maret nanti
tahap pengeboran dilakukan

Laporan Riset Trowulan

Untuk survei di Trowulan, memperlihatkan bahwa dari hasil survei Georadar dan
pemboran tangan dangkal juga analisa carbon dating ditemukan bahwa (jejak)
kanal besar yang disimpulkan oleh para arkeolog dibuat pada Jaman Majapahit
ternyata posisinya ada di bawah "ketidakselarasan" struktur batamerah Majapahit
di (dekat) permukaan, atau dengan kata lain kanal itu dibuat oleh peradaban
sebelum Majapahit. Hasil carbon dating menunjukan bahwa umur dari lapisan
peradaban di bawah Majapahit itu sekitar 600 SM. Dari berbagai singkapan karena
penggalian tanah yang diambil untuk industri pembuatan bata ditemukan banyak
struktur sisa bangunan dari batamerah di bawah lapisan Majapahit yang tertimbun
oleh endapan lumpur mirip Lumpur Sidoarjo / Lumpur Lapindo. Di singkapan lain
ada juga reruntuhan batamerah (pra-Majapahit) yang tertimbun endapan seperti
lahar.

Konferensi Internasional
Tim diundang oleh panitia Konferensi Internasional di Bali yang diselenggarakan
Fakultas Kebudayaan UI untuk menjadi pembicara mendampingi Prof Sthephen
Oppenheimer pada Konferensi Internasional Kebudayaan di Sanur Bali yang
dihadiri oleh banyak kalangan dan ahli diberbagai bidang termasuk arkeologi
dari dalam negeri dan manca Negara. Setelah Oppenheimer memberikan Keynote
Speaker-nya, Tim yang diwakili DR Danny Hilman dan DR Andang Bachtiar
memberikan presentasi tentang hasil-hasil penelitian Tim Studi Bencana
Katastropik Purba dengan materi yang sama seperti di tgl 7 (Sarasehan ekspose
publik dari riset yg dilakukan, ada 200 lebih ilmuwan yang hadir dari 500
undangan yang datang).

Pada Paparan di Bali dimoderatori arkeolog kondang Dr. Agus Arismunandar. Hadir
juga Dr. Ali Akbar, ahli arkeologi yang spesialis Jaman Pra Sejarah. Tim
mendapat dukungan dan banyak masukan berharga dari kedua arkeolog ini.
Sambutannya hadirin luarbiasa. Di akhir presentasi Dekan Fak Kebudayaan UI
menyatakan kegembiraannya bahwa katanya penemuan-penemuan ini,khususnya di
Gunung Padang, adalah sangat fenomenal. Diharapkan hal ini akan menjadi pemicu
untuk studi-studi baru menguak masa silam Indonesia. Secara spontan, dekan UI
mengatakan idenya untuk mengembangkan Program Pasca dan Lab Arkeologi dengan
tambahan metoda Arkeo-geologi seperti yang diterapkan oleh Tim Katastropik.
Rencana ini langsung mendapat sambutan positif dari Rektor UI, yang juga hadir
mengikuti seminar dengan antusias.

Prof Oppenheimer yang diminta komentarnya oleh moderator menyatakan kagum dan
sangat menikmati presentasi hasil penelitian Gunung Padang. Beliau bilang: " I
am really impressed that you have done all the geological-geophysical surveis
so thouroughly and carefully with an amazing result. I would love to hear the
next progress In my next visit to Indonesia, I would certainly will come to
visit Gunung Padang." Cerminan kerendahan hati seorang ilmuwan, setelah
sebelumnya di Jakarta beliau menyatakan "skeptical" tentang penemuan ini kalau
belum melihat data dan analisanya.

Semoga bermanfaat.

Wass,
ER