Sebenarnya dimana potensi terjadi strike-slip fault di oceanic plate? Teori
klasik mengatakan bahwa fault akan mencari zona lemah untuk me-release
energy. Cara yang paling “susah” untuk mengetahui zona lemah adalah dgn
melakukan experiment micro-earthquake di dasar Samudra, untuk mendapatkan
data seismicity seperti hal-nya memantau kegempaan gunung api.

Zona fracture dan anomaly magnetic seharusnya bisa menunjukkan gejala
transform pada oceanic plate walaupun kadang perlu disesuaikan deformasi
yang terjadi pada plate. Major earthquake biasanya akan terjadi pada
compressional faulting yang bersinggungan dengan major strike-slip system,
posisi dimana rupture gempa bumi biasanya akan berhenti. Menarik bahwa
konfigurasi tegak lurus ridge-transform-ridge adalah “kelakuan alam” untuk
meminimalkan shock pada saat release energy. Nah ketika mekanisme
ridge-transform-ridge ini bertemu dengan arc (Pulau Sumatra), maka
disitulah energy di-release...wallahualam bishawab.

salam,

Fatrial B