From: Imam A Sadisun <sadi...@gmail.com>
Date: Fri, 21 Sep 2012 00:42:24
To: <iagi-net@iagi.or.id>
Subject: Re: Fw: [iagi-net-l] salam geologi teknik ( geotechnic)
Mas Nardipa, saya kira kita perlu mengetahui latar belakang kesarjanaan
seseorang dalam penyebutan keahlian khususnya. Lulusan geologi lebih banyak
menyebut dirinya sebagai engineering geologist, sedangkan lulusan sipil
sebagai geotechnical engineer. Bahkan di ITB ada prodi teknik kelautan yang
merupakan "pecahan" dari sipil, yang di dalamnya juga ada keahlian khusus
marine geotechnics (sebagai informasi saja, prodi teknik kelautan ini sudah
memperoleh akreditasi dari ABET). Sementara itu, di teknik pertambangan ada
bidang khusus mining geotechnics. Dalam prakteknya, beberapa keahlian ini
memang seringkali harus bisa bekerjasama.

Kaget juga mendengar ada seseorang yg bisa menguasai geotechnics, geology,
enviromental and civil engineering, tapi jangan2 hanya kuat di satu bagian
saja, sedangkan yang lainnya hanya menguasai sebagian saja. Dari sisi
geologi, selain engineering geology, yang saat ini juga berkembang adalah
hydrogeology dan environmental geology. Bahkan akhir2 ini muncul juga
istilah geotechnical geologist, yang diberikan untuk para geologist
yang juga cukup kuat dan cakap di bidang geotechnics.

Salam [imam]
==========

2012/9/20 <nardipt...@gmail.com>

> [...]
> and the Environment). Saat ini group ini bisa dikatakan sedang "istirahat",
> hehehe. Bahkan beberapa tahun lalu, group ini juga telah mendeklarasikan
> INAFEG (Indonesian Association for Engineering Geology), namun hanya sempat
> bergulir beberapa tahun saja aktivitasnya, dan sekarang sedang "istirahat"
> juga (silakan tengok di http://www.inafeg.enggeol.org/). Saya telah
> infokan tentang hal ini ke Presiden IAGI, dan berharap group ini bisa
> "bangun" kembali, untuk juga bergabung dengan IAGI.
>
> Ok sementara ini dulu info dari saya, mudah-mudahan bermanfaat.

>>> amir13120[at]yahoo.com

--
***
sadisun [at] gmail.com