PII sudah memberi pendapat, mudah2an IAGI menyusul, dgn pendekatan berbeda
tentunya.

--------
Pembubaran Badan Pelaksana Minyak dan Gas Bumi (BP Migas) oleh Mahkamah
Konstitusi (MK) menjadi perhatian banyak pihak tentang kondisi pengelolaan
migas ke depan.

Ketua Umum Persatuan Insinyur Indonesia (PII) Said Didu menyatakan, ada 5
prinsip pengelolaan migas yang harus menjadi perhatian semua pihak pasca
pembubaran BP Migas.

"Kelima prinsip ini agar tidak melanggar konstitusi, tapi tetap dikelola secara
profesional," kata Said kepada detikFinance, Sabtu (17/11/2012).

Adapun kelima prinsip tersebut adalah:

-Migas harus tetap dikuasai oleh negara yang dilaksanakan oleh pemerintah
-Regulator dan operator migas harus terpisah
-Kontrak migas dengan swasta/asing dilakukan dengan BUMN, bukan dengan
pemerintah
-Cadangan migas seharusnya menjadi cadangan BUMN yang bisa dikapitalisasi
-Pemasaran produk dikoordinasikan dari dalam negeri

Dalam kesempatan tersebut Said menyatakan, Pertamina sebagai BUMN migas
seharusnya tidak boleh kembali mengambil tugas dan fungsi BP Migas, karena
Pertamina adalah operator di bisnis migas. "Tapi bisa jika ditugaskan. Idealnya
regulator tetap di pemerintah, tapi yang berkontrak adalah korporasi," jelas
Said.

Powered by Telkomsel BlackBerry®