Mas saya dulu minat geotek juga waktu kuliah...walau sekarang bekerja di
migas lebih sebagai petroleum geologist.
Sebenarnya geotek itu diperlukan di industri mana saja yang berhubungan
dengan bumi, baik bangunan sipil, onshore , offshore tambang atau migas.
Kalau di tempat saya bekerja team geotek masuk ke dalam grup survey dan
topography. Pada saat kita hendak mengebor , teman teman topo akan
melakukan site survey yg terdiri dari survey batimetri,meta ocean,
geoteknikal dan geophysical survey di sekitar lokasi sumur yang akan kita
bor. Dari data data itu kita sbg petroleum geologist akan melihat bersama
dengan rekan geologist dari topography untuk menjawab pertanyaan apakah
lokasi sumur yang akan kita bor pada posisi yang aman , kalau tidak apakah
kita perlu pindahkan,kalau kita pindahkan apakah masih bisa mencapai target
kita dsb. Jadi survey geotek adalah hal yang sangat penting di dunia migas.

Kirim email ke