Pakdhe Vicky,

Analisa singkat saya:
1. Malaysia sadar, kalo pemain2 ini dibiarkan main sendiri akan kurang
bersaing. Untuk itu menjadi kebijaksanaan dan kepentingan pemerintah juga untuk
membesarkan perusahaan local. Hal ini juga terjadi dengan Maxis (perusahaan
Telkom) ataupun Airasia. Mana mungkin Airasia bisa berkembang sepesat itu tanpa
diberi fasilitas oleh Negara, termasuk terminal LCCT sendiri, dll

2. Dulu Indonesia pernah mencentuskan Demokrasi Terpimpin, menurut saya itu
yang dilakukan Malaysia. Sehingga lebih mudah ngatur negaranya. UMNO dan Melayu
masih superior, walaupun ras India dan China sudah mulai bersuara untuk minta
hak yg sama.

3. Biar Rakyat tidak complain (misuh-misuh) atas praktek KKN, beri mereka
fasilitas yg cukup..jalan yg bagus, sekolah murah, bea siswa, fasilitas
kesehatan, fasilitas financial yg mudah dll.

Yg saya masih heran sampai sekarang, walaupun banyak monopoli, "korupsi tingkat
tingi", tapi pembangunan fasilitas dari pembangunan jalan kereta baru, jalan
toll baru, dll koq..saya gak pernah dengar adanya resistensi dari
masyarakatnya...Apa ini hasil demokrasi terpimpin tadi..atau rakyatnya relative
mudah diatur...atau jangan2 mereka lebih mengamalkan Pancasila ("Kepentingan
Umum diatas Kepentingan Pribadi")..

Saya gak tau jawabannya.....Tapi faktor ini tentunya menjadikan faktor
lancarnya program pembangunan menjadi lancar tanpa hambatan.

Salam,
Zieg
14 tahun di KL