From: Rovicky Dwi Putrohari <rovi...@gmail.com>
Sender: <iagi-net@iagi.or.id>
Date: Wed, 7 Jan 2015 20:53:00
To: IAGI<iagi-net@iagi.or.id>
Subject: Re: [iagi-net] Harga Minyak Turun di Bawah US$ 50/Barel
  Sampai berapa ? *How low can you go ?*

*Bagaimana kalau harga minyak 20$/bbl ? *

Salah satu artikel yang saya baca dari media bisnis di UK mengatakan bukan
hal yang tidak mungkin harga merosot hingga 20$. karena kitapun pernah
mengenyam harga itu dan semua masih berjalan. Lihat periode 1980-2000
dengan kisaran 20$/bbl.

[image: HargaMinyakMentah2015]
<https://rovicky.files.wordpress.com/2014/12/hargaminyakmentah2015.jpg>

Ada yang menganggap anjloknya harga minyak ini akan menjadikan krisis
moneter global. Karena banyaknya negara yang tergantung dari harga minyak.
Namun pada kenyataannya menurut perhitungan ahli-ahli economist Oxford
justru sebaliknya. Pertumbuhan ekonomi global justru akan meningkat
rata-rata 0.5% dari biasanya.

Ini akan menolong pemerintahan Indonesia yang diperkirakan akan membesar
0,3% karena efek harga 40$/bbl, dibandingkan bila harga minyak 84$/bbl.
Tentusaja kalau Indonesia mampu memanfaatkan hal ini dengan cerdas ! Harga
murah harus dimanfaatkan bener-bener bahwa minyak ini sebagai ENERGI, bukan
sekedar komoditas. Harus menggerakkan roda ekonomi. Harus mampu
menggerakkan mesin-mesin produksi.
 Amerikapun suka cita dengan hal ini !.

Tidak sedikit yang mengira anjloknya harga minyak ini akan mematikan
Amerika ketika usaha shale gas dan shale oilnya colaps. Dan memang benar
barangkali yang terpukul adalah “*pengusaha*” minyak. Tetapi secara umum
rakyat Amerika akan mengambil keuntungan lebih besar dengan pertumbuhan
ekonomi bertambah GDPnya 0.7%, diatas dampak positip dari Indonesia. Jadi
jangan terburu-buru menganggap bahwa industri minyak ini didominasi Amerika
dan akan membuat Amerika merana dengan anjloknya harga minyak.

Harapan positip ini khususnya akan dirasakan oleh negara-negara yg selama
ini mengimpor minyak. Negara pemenang utamanya diperkirakan Pilipina yang
mengambil untung hingga pertambahan GDP diatas 1.5%  Tentusaja
negara-negara OPEC adalah negara yang “terkorban” bila harga anjlok
menerus. KArena pendapatan negara ini dari minyak.
 Skenario energi murah.

Ini hanya satu skenario bila anjloknya harga minyak ini berkepanjangan.
Yang dapat saja terjadi dengan melihat fakta musim dingin kali ini tidak
sedingin sebelumnya, dan walau musim dingin harga minyak tetep merosot tak
terolong. Dan dalam jangka panjang IEA pernah menyebutkan bahwa gas yang
ada di dunia ini mampu memberikan “energi” untuk semua dibumi ini selama
200 tahun. Juga energi efisiensi semakin tinggi dengan melihat fakta
penerima nobel tahun ini adalah penemuan lampu LED yang mampu menghemat
energi 1/10 energinya dengan lebih hemat biaya.

* :-( : “Pakde, Kalau begitu eksplorasi minyak tidak perlu lagi ?”*

* :-D “Kata siapa ? Ingat, prediksi itu seringkali salah. Tapi yang tidak
mempersiapkan yang akan merugi”*

Tulisan terkait :

   - Berapa harga minyak tahun 2015 ?
   <http://rovicky.wordpress.com/2014/12/23/berapa-harga-minyak-tahun-2015/>

--
"Kebanggaan sejati muncul dari kontribusi anda yang positip".