Kalau tidak salah dlm UU Insinyur N0. 11 tahun 2014 :

Profesi Insinyur hrs lulus program profesi insinyur yg
diselenggarakan oleh Perguruan Tinggi bekerja sama dengan PII ,
setelah lulus berhak mendapatkan Sertifikasi Insinyur yg
dicatat oleh PII dan mendapat Gelar "IR" didepan namanya.
 Setiap "IR" yang akan melaksanakan Praktek Keinsinyuranya
 harus terdaftar di PII ,(  mendapatkan Surat Tanda Registrasi
 Insinyur  dari PII ) ,

salam

ISM

> Sebetulnya bukan sertifikasi kalau dokter, apoteker,
> akuntan, notaris dsb, tetapi yg disebut professional degree,
> sesudah sarjana harus masih kuliah lagi yang bersifat
> profesi, standard operation prosedur, hukum dsb. Di
> kedokteran disebut 'kuliah' klinik. Biasanya ini diperlukan
> untuk profesi yg langsung melayani publik (perorangan). Maka
> degree itu diberikan oleh fakultas bersama dg  instansi
> pemerintah ybs. Pada pelantikannya disumpah.
 RPK
> Powered by Telkomsel BlackBerry®

>>> 2015, utk siap-siap MEA 2016.Sertifikasi dilakukan oleh
>>> 12:11:23 +0700To:
>>> iagi-net@iagi.or.id<iagi-net@iagi.or.id>ReplyTo:
>>> economicgeol...@yahoogroups.com Cc:
>>> pp-iagi-2...@iagi.or.id<pp-iagi-2...@iagi.or.id>; Mailist
>>> MGEI<economicgeol...@yahoogroups.com>; Anif
>>> Punto<anifpu...@gmail.com>Subject: [economicgeology]
> baru saja bergulir, dan saya merasa perlu untuk
>>> 2015 merupakan tahun istimewa bagi IAGI, organisasi
>>> tahun. Sebagai kilas balik, organisasi ini didirikan pada
> – yang tergabung dalam Panitia Enam yang
> Lumpur (Malaysia) dan Perth (Australia). Selain itu
>>> 2015, peringatan 55 Tahun IAGI dilaksanakan dengan dua
>>> acara
> letusannya dilaksanakan di Lakey Huu, Dompu 11 April
>>> 55 Tahun IAGI dilaksanakan di Jakarta (Hotel Bidakara)
>>> pada
> telah malang melintang di dunia geologi nasional
> ujung acara tampil juga
> peserta hadir di acara ini dari tokoh-tokoh
>>> 2015 bertemakan “Empowering Marine Earth
>>> IAGI-HAGI-IATMI-IAFMI. Dihadiri oleh lebih dari 800