Selain itu harga sel solar sangat bervariasi, mulai dari Rp1 juta sampai 4 juta
per 100 watt. Yang low end buatan Cina dengan merk tidak terkenal, yang mahal
antara lain merk Sharp, buatan Jepang. Yang murah kurang efisien dalam
mengkoversi energi cahaya ke listrik dbandingkan yang mahal; juga lebih cepat
berkurang kapasitasnya (kurang dari 25 tahun sudah di bawah 80%, kalau tidak
salah).

Baterai juga begitu. Baterai khusus solar cell berharga 3 juta per 100A di
Glodok buatan Amerika. Baterai mobil sekitar 1.5 juta.

Paket murah biasanya menawarkan aki mobil yang akan berumur pendek karena tidak
didesain untuk disedot energinya sampai mendekati kosong.

Konverter dari DC ke AC juga begitu. Low end bisa Rp2.5 juta per 1000 Watt,
yang highend bisa Rp7.5 juta. Yang lowend menghasilkan gelombang sinus yang
lebih kasar sehingga lebih rendah efisiensinya. Kalau mau di share ke PLN perlu
alat sinkronisasi khusus.

Intinya, ketahui spesifikasi yang ditawarkan jika ingin membeli sistem tenaga
surya.

Salam,
Elino
Powered by Telkomsel BlackBerry®