ikutan nimbrung ;
kerisuhan gas ini kayaknya penyebabnya  dilevel perencanaannya karena
melibatkan berbagai sektor.
kalau diperhatikan kekisruhan gas ini  sdh cukup lama , kalau tidak salah
BPK pernah melakukan audit khusus gas ini untuk kebutuhan listrik pada
tahun 2011(?) , dimana hasilnya ada pembangkit gas (PLTG/PLTGU) yg
kesulitan mendapatkan pasokan gas padahal sdh siap operasi, shg harus
dioperasikan dg BBM untuk menjaga ketersediaan pasokan listrik, ada
delapan pembangkit gas dg total kapasitas hampir 10 ribu MW dg kebutuhan
lebih dari 1600 bbtud tidak dapat dipenuhi. termasuk yg di Jakarta PLTG
Muara karang ,PLTG Priok dan PLTG Muara karang shg terjadi inefisiensi  yg
nilai rupiahnya cukup besar per tahunya.
Pertanyaannya Apakah pada waktu membangun pembangkit tsb tidak ada
perencanaanya ,  Bagaimana nantinya pembangkit tsb kalau sdh siap operasi
dari mana pasokan gas nya ? ini baru listrik belum untuk sektor industri
yg lain.
Kebijakan/Perencanaan kebutuhan gas atau lbh luas kebutuhan energi primer
ini domain siapa ya , rupanya harus lbh detail sesuai kebutuhan riel
dilapangan , bukan sekedar bikin target target saja , tapi berapa
kebutuhan rielnya , kapan harus tersedia dan lokasinya ( karena menyangkut
kebutuhan infra strukturnya ) serta macam energi primernya harus diketahui
dan dikontrol pelaksanannya, biar nggak terulang terus kekrisuhan terkait
penyedian energi primer tsb.
( Apa ini Tugase DEN )

ISM