Frekuensi operator A dan B apa tepat bersebelahan om?

Sent from my Windows 10 phone

From: Arianto C Nugroho
Sent: 10 May 2016 13:44
To: agus tj
Subject: Re: [id-android] WTA (OOT) Jalur voice+sms di era 4G

abis ngobrol sama tim akses .. dia cerita soal kasus yang lagi dia tangani ..
mungkin kasus yang sama juga menjelaskan thread ini ..

jadi kondisi-nya .. di lokasi yang sama .. operator A menggelar LTE900,
operator B menggelar GSM 2G di 900 Mhz juga .. ada beberapa jenis modem gsm
(atau handset) pelanggan B yang kemudian sulit untuk mendapatkan sinyal karena
interferensi dari LTE900-nya operator A .. ini kasus unik karena hanya beberapa
modem saja yang terpengaruh .. jadi kasus besar karena modem jenis itu di sini
banyak digunakan untuk EDC ..

solusinya operator A harus mengurangi power bts-nya .. tapi itu sulit dilakukan
karena mereka masih dalam ambang batas yang disepakati .. ganti modem EDC juga
sulit karena jumlah-nya jutaan ..