Spesifik ke Xiaomi bergaransi resmi, menurut saya, Xiaomi bukan
mengakali TKDN melainkan berusaha patuh dengan aturan TKDN.

Karena mereka belum bisa memenuhi persyaratan TKDN, maka Redmi 3 Note
dan Redmi 3 Prime yang dijual resmi fitur 4G LTE-nya sengaja dimatikan.
Seluruh jalur penjualan benar-benar menyatakan ponsel itu hanya bisa 3G.

Ada pula surat edaran resmi yang didistribusikan ke seluruh jaringan
distribusi resmi. Intinya, walaupun tahu caranya (dari hasil tanya Om
Google), penjaga gerai dilarang keras menyatakan, membantu, atau
memberikan clue yang mengindikasikan fitur 4G LTE ponsel itu bisa
di-unlock. Kalau ketahuan, siap-siap dipecat deh.

Kondisi berbeda terjadi dengan misalnya, Coolpad. Fitur 4G LTE-nya
dimatikan supaya bisa masuk ke sini, tetapi di pasar si promotor
jelas-jelas menyatakan itu ponsel 4G LTE dan siap mengaktifkannya. :)

Salam,

Herry SW

Jalur konsultasi: blog Ponselmu.com dan Twitter @herrysw