Setau saya QR kan bukan  di kartu atau ponsel tapi di gatenya(kalau di krl,
busway dsb),  kalau di merchant  ada  QR di dekat kasir ponsel tinggal scan
dengan kamera  seperti yg umum ada di merchant2 yg menerima pembayaran dg
e-wallet(linkaja, ovo, gopay), tapi yg memvedakan nantinya 1 QR bisa untuk
semua e-wallet.
Cmiiw.