2008/12/12 milanor_stray_thief <milanor_stray_th...@yahoo.com>

>   Haloo member baru nih, aku belajar ruby pertama kali karena bermain
> program RPG Maker XP yang permogamannya pake bahasa ruby. saat itu
> langsung terpukau, wow, OOP banget nih langguage
>
> aku pake OS window, kepengennya sih mantepin FXruby + MySQL trus bisa
> cross platform, tapi mulai mana yach? trus selalu kebentur kendala :
> "Ruby FX gak bisa bikin stand allone exe (untuk window)" ada yang kasih
> petunjuk?, trus referensi referensi ruby trus rubyfx dimana?
>
> thanks

FXruby? wah. Ambisius nih
Saya sendiri pernah coba2 gabungin GTK & Ruby, bisa dan menyenangkan,
tapi tidak semudah pemrograman visual biasa

Utk stand alone exe, Ruby versi 1.8 memang ga bisa.
rencananya fitur ini tersedia di ruby versi 1.9,
tapi sampe sekarang ruby 1.9 masih beta dan
saya ga tau apakah sudah diimplementasikan atau belum

utk referensi penggabungan ruby dengan fx,
rasanya ga banyak beredar deh.
Satu2nya bantuan yang cukup berguna mungkin
hanya API dari library fx itu sendiri

yah, ruby memang bahasa program yang asyik,
namun implementasinya ke pemrograman visual masih lemah
kecuali kita adalah programmer yang sangat2 hebat