2009/9/2 Mas Agung Sachli <agungsac...@gmail.com>

> Dear Rubyer,
>
> Saya menggunakan installer Instantrails di windows. Dan terlihat ada
> folder php & phpmyadmin.
> Tadinya saya pikir php & rails bisa saling diintegrasikan.
>
> Tapi saat saya search di Mr.G, ternyata kedua hal ini seperti minyak &
> air. Saling menjelek-jelekkan (religion war :D ).
>
> Kebetulan saya sedang mau mengintegrasikan aplikasi yang sudah jadi
> berbasis php dengan aplikasi rails.
>
> Pertanyaan saya adalah: Apakah ada yang pernah melakukan hal itu?
> Kalau pernah, bisa sedikit sharing apa yang harus dilakukan?
> [...]
Saya sendiri tidak pernah melakukannya
tapi saya paham php dan ruby (bukan rails)
pada dasarnya, jika anda menggunakan
server apache dan menginstall ruby-cgi plus php (php biasanya uda include)
maka server tsb akan bisa menjalankan baik ruby maupun php
dengan cara itu anda bisa menggunakan 1 server untuk 2 language

sedangkan untuk menggabungkan php dengan rails
sebaiknya jangan mencoba (ga kebayang, kayaknya bakal ancur deh)
lebih baik ciptakan aplikasi php & rails yang berbeda tujuannya tapi
menggunakan database yang sama
dengan cara ini php dan rails bisa bekerja sama (walaupun tidak
bersama-sama)

Religion war?
entahlah, kalo buat web saya lebih suka pakai php
rails rumit sih, banyak yg harus dipelajari
walaupun kalo uda bisa seharusnya bisa mempercepat pekerjaan
sedangkan saya suka pakai ruby untuk keperluan lainnya

Selamat mencoba deh
--
Suka linux?
Kunjungi blog saya http://penguinroad.blogspot.com