Title: Salam kenal
Deuuuuu mbak Ida, thanks banget atas ucapan dan doanya, semoga Allah mengabulkan...amin.
Batam??? apa ya yang bisa diceritakan...yang jelas Batam telah mengalami kemajuan yang sangat pesat, sangat berbeda dengan 11 tahun yang lalu ketika saya datang pertama kali.
Mbak Ida ini puisi yang saya terima 5 tahun lalu, kebetulan saya copy paste, tetapi tulisan pengantar yang mengatakan ini puisi seseorang untuk mbak Ida telah terhapus (nggak papa ya mbak saya posting di sini, isinya bagus kok) :

Subject: JIWAKU MEMANGGILKU
Received Date: Tue, 29 Aug 2000 11:08:32

JIWAKU MEMANGGILKU

Jiwaku berkata padaku dan menasehatiku agar mencintai semua orang yang membenciku, dan berteman dengan mereka yang memfitnahku.

Jiwaku berkata padaku dan mengungkapkan kepadaku bahwa cinta itu tidak hanya menghargai orang yang mencintai, tetapi juga orang yang dicintai.

Sejak itu bagiku cinta ibarat jaring laba-laba diantara dua bunga, dekat satu sama lain; menjadi lingkaran cahaya tanpa awal dan tanpa akhir, melingkari apa yang telah lahir dan memupuk selamanya untuk merengkuh yang akan hadir.

Jiwaku menasehatiku dan mengajariku agar melihat kecantikan yang ada dibalik bentuk dan warna.

Jiwaku memintaku untuk menatap semua yang buruk dengan tabah sampai nampaklah keelokannya.

Jiwaku menasehatiku dan menegurku agar menghargai waktu dengan mengatakan " ada hari kemarin dan ada hari esok".

Demi masa sesungguhnya manusia dalam keadaan merugi

Kecuali orang-orang yang beriman dan beramal saleh.

Dan saling nasehat menasehati dalam kebenaran

Dan nasehat menasehati dalam kesabaran.

Jiwaku menasehatiku dan memintaku agar tidak merasa mulia karena pujian

Dan agar tidak disusahkan oleh ketakutan karena cacian.

Sampai hari ini aku ragu akan harga pekerjaanku;

Tapi sekarang aku belajar:

Bahwa pohon berbunga di musim semi, dan berbuah di musim panas dan menggugurkan daun-daunnya di musim gugur untuk menjadi benar-benar telanjang di musim dingin? Tanpa merasa mulia dan tanpa ketakutan

atau malu.

Jiwaku menasehatiku dan meyakinkanku

Bahwa aku tak lebih tinggi ketimbang cebol ataupun tak lebih rendah dari Raksasa.

Sebelumnya aku melihat manusia ada dua:

Satu: Seorang yang lemah yang kucaci dan kukasihani

Dua: Seorang yang buta yang kuikuti, maupun yang kulawan dengan pemberontakan.

Tapi sekarang aku tahu bahwa aku bahkan dibentuk oleh tanah yang  sama dari mana semua manusia diciptakan.

Jiwaku menasehatiku dan mengingatkanku:

Bahwa aku adalah debu dimata Allah

Bahwa aku adalah lemah dimataNYA

Bahwa aku miskin dibanding kerajaan NYA

Tiada aku boleh merasa besar kecuali oleh NYA

Kesombongan itu hanya milikNYA

Dan semua yang berlangsung adalah iradatNYA

Tapi pernahkan kita pernah sungguh-sungguh memikirkannya?

Fitnah yang terjadi mana-mana bagai ular-ular tukang sihir Fir'aun menyebar di kota dan didesa-desa?

Tercerai kita olehnya

Tanpa kita sadar, Tanpa kita kuasa

Terbius kita oleh retorika tanpa makna

mengkotak kita dalam kebodohan yang terencana

Jiwaku menasehatiku, Saudaraku, dan menerangiku.

Dan seringkali jiwamu menasehati dan menerangimu.

Karena engkau sama seperti diriku, dan tiada beda diantara kita

Kujaga apa yang kukatakan dalam diriku ini dalam kata-kata yang kudengar dalam heningku.

Dan engkau sahabatku jagalah apa yang ada dalam dirimu, dan engkau adalah penjaga yang sama baiknya seperti banyak kukatakan ini.

Wahai sahabatku semoga sisa hidupmu menjadi hidup yang penuh arti dan bermanfaat dan pintu hatimu terbuka untuk menerima cahayaNYA.

Salam,

Ani