On Wed, Nov 24, 2004 at 11:35:27PM +0700, awan wrote:
> Gimana nih kalau ada usul diadakan domain untuk personal , yang
> registrasinya murah murah saja, misal Rp. 10.000 / tahun , soalnya saya
> yakin banyak personal yang ingin memakai domain pribadi diluar pekerjaannya.

Idenya sih sudah pernah diusung beberapa tahun yang lalu.
Mengenai harga, ada sedikit masalah ...
ICANN pernah minta bahwa untuk setiap domain dikenakan biaya US
$1/tahun. Kalau itu kejadian ... siapa yang mau nombokin? :(
Waktu itu saya (dan kawan2 yang lain) fight berat, sehingga akhirnya
adalah 50c/tahun.
Diam-diam saya diskusi dengan orang ICANN dan mengatakan bahwa kita
tidak mampu bayar segitu. Tapi kita juga tidak mau jadi parasit dan
tidak ikut berkontribusi. Akhirnya kita bayar setiap tahunnya US$2500
ke ICANN. Ini hanya sekedar token saja.
Kalau dihitung benerannya, kalau di Indonesia ada 20.000 domain,
maka harusnya kita bayar US$10.000/tahun!

PS: saat ini kita sudah melakukan cross subsidi ke domain-domain yang
belum membayar, seperti untuk sch.id.

Begitu...

-- budi