pak Indra K. Hartono dan rekan-rekan semua,

bicara mengenai harga domain, sebagai konsumen
pasti ingin harga yang murah dan kalau bisa gratis.
kalau melihat tren pendaftaran domain .id yang cenderung
naik (apa betul naik pak?) dengan harga saat ini 165 rb
maka jelas harga tsb. tidak terlalu dipermasalahkan
oleh pemilik domain alias masih dalam tahap wajar.

jadi mengapa kita terlalu mempersoalkan masalah harga
apalagi mau diturunkan?

bukankah di Indonesia yang kita cintai ini,
idnic bisa membuat sejarah dengan menurunkan harga
bila dibandingkan dengan harga-harga lain yang naik?
mungkin kalau pak budi jadi pengelola pertamina,
harga BBM bisa turun :)

mari kita ganti topik :) mulai membicarakan:
1. syarat registrar,
2. sisdur,
3. dll.

salam,
hanny
· Reseller Hosting | Virtual Hosting | 1999-2005
· Linux/Windows | Server lokasi INDO atau USA
· http://www.tadulako.co.id/

Monday, February 7, 2005, 4:43:05 PM, Indra K. Hartono <[EMAIL PROTECTED]>
wrote:

> [...]

IKH> Dalam hal ini, sebaiknya anda juga menilai secara proporsional dan obyektif
IKH> pada tataran yang seimbang.

IKH> Hingga sekarang total populasi antara gTLD (com,net,org) tidak setara
IKH> dengan total populasi .ID.

IKH> Menurut data dari: http://www.whois.sc/internet-statistics/
IKH> total pengguna .COM sekitar 34.135.330 buah (kita ambil contoh .COM saja).
IKH> Sedangkan pengguna .ID adalah total 20.516 (total seluruh domain).

IKH> Jadi jika anda berpendapat bahwa harga penggunaan gTLD (com,net,org) itu
IKH> termasuk murah, berapa misalnya? katakanlah kira-kira USD 4 atau 6 per
tahun.

IKH> Menurut pendapat saya, harga terebut masih sangat mahal. Kenapa?.
IKH> Karena dengan berdasarkan jumlah populasi sekita 34 jutaan tersebut,
idealnya
IKH> biaya domain .COM hanya sekitar USD 0,30 - 0,50 (baca 30 sen - 50 sen)
saja.

> [...]

lama.
IKH> Jika proses konfirmasi tidak ada kendala, kami akan segera merubahnya.

IKH> Memang biasanya pengelola lama domain yang agak kesulitan (dengan berbagai
IKH> sebab) sehingga proses ubah ini menjadi agak lama. Sebaiknya, anda bisa
IKH> berkoordinasi dengan baik dengan penglola lama domain tersebut.

IKH> Jika kelak kami sudah memiliki beberapa Registrar, proses "baru-ubah-hapus"
IKH> akan dilakukan oleh Registrar (terutama .WEB.ID dan OR.ID). Sehingga proses
IKH> tsb diharapkan dapat mengurangi waktu tunggu, tanpa perubahan signifikan

Kirim email ke