On Thu, Mar 11, 2004 at 11:17:29PM +0700, Sonny Nasman wrote:
> Saya setuju dengan system bayar dulu.. Aturan gitu itu udah lumrah
> dimana-mana...

Ok. Anda termasuk yang setuju rupanya.

Saya masih khawatir karena ada (banyak?) institusi yang kalau mau bayar
sesuatu harus nunggu invoicenya dulu. Padahal invoice (tagihan) ini
dikirim lewat kurir dan butuh waktu. Setelah tagihan datang, baru
dibayar, dan baru diproses. Jadi paling tidak, ada tambahan 1 atau 2
hari dalam proses pengaktifannya.

> Yang jangan.. Adalah kalo udah bayar terus ga diaktifin juga .. Ampe
> diomelin..

Setahu saya yang sering terjadi di sisi billing adalah terima pembayaran
akan tetapi tidak tahu untuk apa pembayaran tersebut. Misalnya, ada
pembayaran dari Pak Fulan. Gitu aja. Nah ini untuk bayar domain apa
nggak jelas. Itulah sebabnya billing APJII mencoba membuatkan web untuk
melakukan tracking siapa bayar untuk apa. Katanya pembayaran yang nggak
jelas ini sudah semakin berkurang.

Bagaimana yang lain? Pro kontra...