At 11:31 AM 10/15/2004, you wrote:

Friday, October 15, 2004, 10:36:46 AM, Budi Rahardjo <[EMAIL PROTECTED]> wrote:

BR> Setelah masalah recycle nama domain selesai, tinggal sosialisasi, maka
BR> saya ingin membahas aturan baru mengenai nama geografis.
BR> Pada saat ini penggunaan nama geografis sangat dibatasi karena terkait
BR> dengan indikasi geografis. Namun kami ingin mencoba membuka batasan ini
BR> untuk co.id, web.id, or.id.

BR> Status saat ini: penggunaan nama geografis tidak boleh, kecuali untuk
BR> pemerintah daerah (go.id).

BR> Usulan baru: untuk {co,or,net,web}.id
BR> - yang tidak boleh digunakan adalah:
BR>   - nama propinsi sampai dengan kecamatan di Indonesia
BR>   - nama negara (& ibukota negaranya?)
> [...]

Pak Budi, jauh amat sampai kecamatan?
Cukup sampai nama provinsi/kabupaten/kota.

Wah jangan dibatasi begitu atuh, patokan kita kalo Nama Geografis, yang paling mantap sampai mengikuti ke kelurahan. Kenapa? Karena kita sudah punya zip_code. Jadi di data base, bila search pake zip_cope. Misal:

12710 <=> Kel. Senayan?.

Justifikasi kuat, keren banget setiap kelurahan punya
website (bila: 12710.go.id), jadi "indonesia no-digital
divide" - e-gov. Selain itu ga tumpang tindih namanya,
Aplikasinya buanyyak banget,
contoh: laporan KTP habis, isi
form di website si kelurahan, KTP dikirim ke rumah, bayar
biaya admnistrasi via web masuk kas negara tingkat lurah.
Pembangunan bisa lancar nih.:-)

Pelayanan ini *merakyat banget*, efektif, tanpa beban birokrasi
berlebih. Melayani hierarki birokrasi tinggi tuk level Departemen
sah2 saja, tapi tidak inspiratif, biasanya terlalu banyak dewa
jadi tidak membumi isi pelayanan umum nya.

Di ISOC Indonesia, getol banget mensosialisasikan
standar kode geografis tingkat kelurahan ini. Apalagi
mesin eks pake KPU oleh utk e-Gov. Nah:-)

Yah begitu, prinsip setuju, dengan dua katagori:

1: Tingkat Kelurahan untuk nama2 go.id secara official;
2: Tiada tingkat apabila akan dipakai di: web.or.co.
        (bukan webocor:-)

Arek jawa timur kalo seneng, bilang ama aku:
"Sueneng"

-teddy tea
ISOC Indonesia Chapter
http://www.isoc.org