Saya setuju dengan Mas Aris. Saya sudah beberapa kali masuk ke terminal bis di
berbagai kota di pulau Jawa, tapi yang benar2 mengalami pengalaman buruk itu
yach di Pulo Gadung. Calo2 nya tuh sadis banget. Padahal saya sudah pasang
tampang garang dan nolak tawaran mereka secara halus. Tapi tetap aja diikutin
dengan kasar sambil maksa2 gitu deh. Padahal saya udah tahu bis yang akan saya
tumpangi. Apa karena muka teman saya kelihatan memelas kali yach? Dan setelah
itu sempat pula teman saya ketipu sama calo bis. Saya waktu itu sih ngikutin
teman saya karena saya pikir teman saya sudah tahu semuanya. Eh malah akhirnya
kita harus naik bis yang enggak sesuai dengan keinginan kita. Apa boleh buat...
Udah harganya sedikit lebih mahal dari kondisi bis nya. Akhirnya saya
memutuskan untuk mengambil alih pembuat keputusan selama perjalanan itu. :D
Saat ini sih saya lebih memilih terminal bis Rawamangun kalau mau pergi2 jauh
naik bis, karena selain enggak terlalu besar, calo nya juga seperti nya gak ada
deh. (atau mungkin saya gak tahu dan terbiasa beli langsung di loket yg ada?)

Saya pernah dua kali mampir di terminal probolinggo pas liburan ke Bromo, malah
gak dapat masalah apa2. Mereka (para calo) menurut saya malah cenderung sopan2
dan jujur aja ngasih tahu kendaraan yang memang lagi saya cari2. Padahal saat
itu pengalaman pertama saya maen ke terminal bis di daerah Jawa Timur. Yang
mengangetkan pas balik lagi kesitu mereka masih kenali wajah saya dan teman
saya dan diajak ngobrol, ditanya kesan2nya selama di bromo. Jadi saya juga
enggak merasa takut untuk ngobrol2 sama mereka sambil nunggu bis ke Surabaya
datang.
Yach kalau saya sih selalu mempersiapkan diri dengan mencari2 info sebelum
mengunjungi satu kota, jadi pas sampe di terminal bis di salah satu kota yang
masih asing pun gak terlalu kelihatan mencolok kalo kita belum tahu daerah situ.

Salam,
Ida