Hello..

Saya anggota baru di milis ini, kebetulan saya sekarang lagi India buat
Internship sampai bulan Juni tahun ini.
Homebase saya di Ahmedabad, Gujarat dan kebetulan pula sudah pernah
Saya rasa kalau untuk travelling sendirian nggak ada masalah, kalo mau
murah, bisa ambil bus yang kelas "sleeper". Bus ini punya 2 macem* berth*,
selain tempat duduk (*seater*), mereka juga nyediain kasur yang letaknya
diatas seater, semacam kompartemen gitu, ini dia yang dinamain *Sleeper*.
Tetapi harus ati-ati kalo mau naek bus yang kelas "Sleeper" non AC, karena
kotor banget, banyak copet dan bus tipe ini selalu over capacity..bahkan
waktu itu kaki saya sempet nginjek kepala orang india karena mereka tidur
dibawah kursi saya..hehe.
Ok..selain yang diatas, saya juga mau berbagi *beberapa* *tips kalo mau
travelling di India* :

   1. India is bloody amazing country for travelling. Dari salju di
utara (*Ladakh,
   Jammu, Kashmir, Manali*), padang pasir dan *fort* *heritages* di
   Rajashtan, Beautiful beaches in Goa, sampe wisata rakit Backwaters di
   Kerala. Jadi cari-cari info dulu daerah apa yang pengen didatengin dan
   wisata macem apa yang pengen diikutin.
   2. Bener kata Bang Rio, jangan mudah percaya sama yang namanya Indian,
   karena mereka siap menipu turis habis-habisan.
   3. Kalo mau naik Bajay (nama lokal Oto, Tuk-Tuk ato Rickshaw) ...harus
   selalu ditawar, apalagi di spot2 yang banyak turis, mereka bakal kasi harga
   tinggi untuk pertama kali, kecuali mereka mau pergi pake Meter (argo). Kalo
   pake meter, mintalah selalu Meter card dari sang supir. Kartu ini nunjukkin
   berapa biaya yang harus dibayar berdasarkan angka yang tertera di meter.
   4. Orang India rata-rata bisa bicara bahasa Inggris (*kecuali supir bajay
   *), jadi nggak terlalu susah kalau mau komunikasi, misalnya nanya jalan,
   ngobrol sama karyawan hotel, dsb.
   5. Kalau mau booking ticket untuk kereta, paling nggak dari sebulan
   sebelumnya. Bikin aja account di www.irctc.co.in
   6. Kalau mau booking ticket untuk pesawat dan bus, bisa buka
   www.makemytrip.com
   7. Untuk masalah keamanan, konflik, bom bisa terjadi dimana saja
   ..seperti bom yang baru aja meledak di Pune. Bukannya nakut2in, cuma sekedar
   info saja, denger - denger mereka sekarang target mereka bukan kota besar
   lagi..melainkan kota2 terdekat dengan kota besar yang banyak turisnya.
   Tetapi IMO, India relatif aman untuk travelling.
   8. Daerah Gujarat terkenal Vegetarian dan dry state..agak susah untuk
   cari restoran Non-Veg dan alkohol disini.
   9. Hati-hati juga kalo makan di restoran, kadang -kadang di beberapa
   tempat, mereka suka kasih Tax more than 50% ..jadi mending tanya dulu.
   10. Karena di India banyak sapi dan anjing berkeliaran di jalan, saya
   sarankan selalu fokus jika jalan kaki.. kalo engga (*maaf) kotoran sapi bisa
   lengket di kaki ..hehehe.
   11. Lalu lintas di India sangat gila..ati2 kalo nyebrang jalan.
   12. Kalo ke India saya suggest untuk dateng ke kota-kota ini :

                    *Daerah Utara dan Sentral India*

   - *Jaisalmer* (Golden City) : Letak di Rajashtan, terkenal karena punya
   padang pasir yang luas..*suggest* : Desert Safari..naik onta dan bermalam
   di padang pasir.
   - *Agra : *Terkenal karena Taj Mahalnya..oiya kalo ke Taj Mahal, saran
   saya ambil pagi hari..sunrise!..its damn beautiful dan ngga terlalu banyak
   orang. Harga masuk sekitar Rs.750 = Rp. 150.000.
   - *Jaipur* : Main dong ke Amber Fort..bagus banget tuh.
   - *Rishikesh, Ladakh (Leh), Kumaon, Manali : *: Adventure
   sports..trekking and white water rafting di Sungai Gangga, dengan
   pemandangan Himalaya plus Buddhist Monastery....kalo mau liat foto2nya, buka
   aja www.redchilliadventure.com

*Daerah Barat dan Barat daya*

*

   - Udaipur : Letak di Rajashtan, terkenal karena keromantisannya (ceile..
   [?] ) .. banyak yang bilang kaya Venice di Italy.
   - Mumbai : Metropolitan city dengan daerah slum tingkat tinggi..kalo main
   kesana, disarankan jangan jalan2 nglewatin slum area..berbahaya.
   - Goa : Bali nya India..Oiya, kalo naik kereta dari Mumbai ke Goa atau
   vice versa, disarankan ambil jalur Konkan Railway..pemandangannya cantik
   banget, dan railway ini juga ngelewatin laut.

*

*Daerah Selatan*

*

   - Kerala : Naik rakit menyusuri backwaters dan bermalam di houseboat..
   cukup mahal, tapi worthed.

Untuk daerah timur saya cuma tau Varanasi : Kota suci bagi umat Hindu
*

*

Maaf nih temen-temen kalo kepanjangan..semoga bermanfaat buat yang mau
backpacking ke India.
Kalo mau tanya2 lebih lanjut, via japri juga boleh.

Regards,
*
Galih Astrotamma