Halo IBPers

Beberapa tahun lagi kalau sudah memungkinkan, saya dan teman2 saya berencana
backpacking keliling Eropa, sambil singgah di Georgia, Armenia, dan Azerbaijan
(yang secara geografis dan kultural masih tergolong bagian dari Eropa).

Nampaknya ketiga negara itu unik dan jarang dikunjungi orang Indonesia sih,
jadi rasanya ada kebanggaan tersendiri kalau bisa berkunjung ke sana :)

Mau nanya2 aja nih, kalau2 teman2 IBPers ada yang pernah pengalaman mengunjungi
salah satu, dua, atau keseluruhan dari ketiga negara tsb. Kalau ada yang pernah
ke sana, boleh diceritain pengalamannya?

Saya juga ada beberapa pertanyaan:

1. Apakah ketiga negara tersebut tergolong aman untuk dikunjungi?

2. Tempat2 mana saja yang kira2 paling menarik untuk dikunjungi di kota
Tbilisi, Yerevan, dan Baku? Dari wikitravel.org saya mendapat informasi
mengenai beberapa tempat yg dianggap menarik, hanya saja saya tidak tahu tempat
mana yg paling iconic dan atraktif, mengingat waktu saya di sana agak sempit
(hanya sekitar 2 hari per kota).

3. Menurut wikitravel.org, untuk mencapai ibukota Georgia (Tbilisi), katanya
bisa naik bus dari Turki. Untuk yang semacam itu, bisa langsung beli di Turki
atau harus book online ya?

4. Dari kota Tbilisi, saya berencana akan ke ibukota Armenia (Yerevan) naik
kereta. Yang ini juga harus book atau bisa langsung beli di sana ya? Dan untuk
mencapai Baku (Azerbaijan), menurut wikitravel.org, dari Armenia harus balik ke
Georgia dulu, baru bisa ke Baku.

5. Kira2 apa ada penginapan atau hotel yang recommended untuk ketiga kota
tersebut?

6. Apakah mata uang USD berlaku di sana?

7. Untuk ketiga negara ini, apakah ada visa on arrival, atau harus urus di
Indonesia terlebih dahulu? Di Indonesia, di kedutaan mana bisa diurusnya?

8. Rencananya dari Baku, saya akan naik pesawat ke Moscow. Apakah ada
penerbangan langsung dari Baku ke Moscow? Kira2 maskapai apa?

Segitu aja dulu. Mohon pencerahannya ya...

Terima kasih banyak :)

Kirim email ke