hai,

Saya baru aja balik dari Hanoi. Saya ambil trip ke Halong Bay dari hotel tempat
saya nginep, yang kebetulan punya travel juga. Namanya Apt GuestHouse (ini
rekomen dari salah satu member IBP juga..tengs mbak Lucy).

Saya dikasi harga 55 dolar buat trip 2hr 1 mlm. Tapi pas ketemuan org lain di
kapal, tyt mereka dapet harga yang lebih mahal (65 dolar). kayaknya sih ini
karena saya nginep di hotel mereka, makanya dapet diskon. Ada paket yang lebih
mahal (75 dolar) tapi tyt kapalnya sama dengan saya, bedanya cuma kamarnya
lebih besar dan makanannya lebih enak.

Kapalnya lumayan bagus, kamarnya oke (malah lebih oke dari kamar saya di hotel
:P). Sayangnya, cuaca di halong kmrn itu buruk banget (cuma 11 derajat).
padahal waktu cek di BBC sebelumnya, cuacanya udah mencapai 29-33 derajat.
Alhasil, kita semua yang ada di kapal (termasuk para bule2) kedinginan abiss..

Cuaca buruk bikin kita ga bisa berenang dan kayaking. Tapi tetep datengin
tempat2 lain..

Kalo saya sih, mending ambil yg nginep di kapal, karena saya sih emang belom
pernah ngerasain nginep di kapal. Ombaknya juga ga terlalu gede, malah saya
nggak ngerasain ada ombak, jadi ga bakalan mabok laut. FYI, pas malem2 juru
mudinya bakal cari tempat yang paling tenang buat lepas jangkar.

Kalau emang udah pernah ngerasain nginep di kapal trip yang satu hari
sebenernya da cukup. Tapi kapalnya lebih jelek,  emang mirip ama warung makan
berjalan.

Soal tempat yg didatengin, beda2. Ada yang dateng ke CatBa, ada yang nggak.
Tapi kata bule yang ketemuan ama saya besok harinya, CatBa itu ga terlalu bagus
juga..