Assalamu'alaikum wr wb,
Berikut email dari teman saya, Eko BS yang ingin mendirikan Muslim Infocom
Foundation untuk menggalang dana ummat dan menyalurkannya ke masyarakat melalui
pemberdayaan Teknologi Informasi.

Wassalam

Chain reaction : Kompas, Solomon dan Muslim Infocom Foundation  May 11,
Saya kira, saya harus ucapin terimakasih kepada Kompas, yang telah merintis
beberapa ekspedisi jurnalistik, sesuatu yang unik, yet membumi dan in-depth ...
Adalah exposure yang dilakukan Kompas, yang diantaranya menggerakkan saya
mendukung gagasan mas Untung Rohwadi di komunitas MIFTA untuk merintis sebuah
foundation yg bergerak utamanya di penyaluran beasiswa ....

Entah kenapa kok Kompas yaaa ... bukan Republika, bukan detikCom, bukan
VivaNews.com ... dan bukan pula eramuslim.com :(( Kompas lah yang menyediakan
suatu exposure yang "closed-up" tentang keadaan masyarakat kita ... melalui 3
expedisinya : Ekspedisi Ciliwung, Ekspedisi Anjer Panaroekan dan Ekspedisi
Susur Selatan Jawa ...

Content-content ini tidak (atau belum) diminati oleh tim jurnalistik Republika,
detikCom, VivaNews.com, eramuslim.com ... Semoga nanti mereka bisa melengkapi
... karena laporan jurnalistik Kompas menyediakan suatu visualisasi atas
bagaimana keadaan masyarakat Indonesia bisa di bantu. Misal dengan beasiswa ...

Beasiswa ... adalah langkah kecil yang saya kira cukup SMART. SMART dalam makna
Specific, Measurable, Achievabe, Realistic dan Time-bound. Target-target
program beasiswa bisa SMART misal dalam jumlah penerima beasiswa, di daerah
mana penerima beasiswa tsb, berapa jumlah beasiswa per bulan ... dan berapa
lama akan dibantu ...

Beasiswa ... adalah juga sebuah program yang bisa dikembangkan lebih lanjut ...
misal penerima beasiswa bisa kita bekali dengan pelatihan-pelatihan agar
mandiri, atau dilibatkan dalam kegiatan lokal misal penghijauan ...

Beasiswa ... adalah sesuatu yang selain berdampak ke penerima beasiswa juga
sebagai bagian dari "social engineering" lebih luas, di antaranya menjalankan
panduan Al Qur'an untuk "saling mendukung dalam berbuat kebaikan", "mendorong
orang berbuat shodaqoh", dan "membelanjakan rizqi untuk jihad fi sabilillah".

Usulan mas Untung sebenarnya sederhana saja, tetapi dalem dan sebenarnya sebuah
perjalanan 1000 km ... sebuah agenda sangat panjang. Alhamdulillah dukungan
rekan-rekan profesional IT bisa mengalir ....

Dan sebenarnya masih dibuka. Kalau ada yang berminat menjadi donatur tetap
dengan kontribusi per bulan secara rutin ... Tidak harus besar, meski boleh ...
Donasi per bulan ada yang Rp 50.000,00 ... ada yang Rp 500.000,00 per bulan ...

Ini diharapkan sekali bisa merupakan suatu AKSI KECIL ... atas besarnya,
luasnya, dalamnya masalah yang dihadapi di desa-desa kita. Perhatikan 3
ekspedisi yang dilakukan kompas ini :

Ekspedisi Ciliwung
http://www.kompas.com/lipsus012009/ciliwung

Ekspedisi Anjer Panaroekan
http://www.kompas.com/lipsus/daendels/

Ekspedisi Susur Selatan
http://www.kompas.com/lipsus042009/susurselatan

Dari sisi Information Architecture, ide mas Untung ttg beasiswa didukung oleh
pengalaman beliau dalam mengembangkan ERP <Enterprise Resource Planning>. Mas
Untung menguasai Solomon, sebuah produk ERP yang pertama kali dikembangkan oleh
programer-programer yang aktif di sebuah gereja di Amerika Serikat.
Mas Untung telah mengimplementasikan ERP ini untuk sebuah yayasan sangat besar
yang bergerak dalam beasiswa dengan dukungan dana dari bisnis gurita rokok.
Sesuatu yang dalam pendapat beberapa miliser adalah sesuatu yang "mencemarkan
dunia pendidikan Indonesia !".

Maka lahirlah MIF ... sebagai sebuah langkah kecil ... menjadi batu-bata dari
sebuah bangunan yang diimpikan ... yaitu tegakknya Islam di dalam hati saya, di
dalam hati Anda, di dalam hati kita semua ... Banyak penduduk di pantai utara
Jawa, di pantai Selatan Jawa, di sepanjang sungai Ciliwung, adalah Muslim ...
Mereka adalah saudara-saudara saya, saudara-saudara Anda ... sebuah peluang
untuk menjalankan Al Qur'an dari diri kita sendiri, dari apa yang bisa
dilakukan, dari sekarang.

Kita tidak perlu memaksakan penegakkan syariah (dan tidak ada satupun ayat Al
Qur'an yang membolehkan pemaksaan aqidah) ... tapi kita boleh menghidupkannya
di dalam diri kita (dan wajib) sebagai ILMU, IMAN dan AMAL .  How about you ?
We are welcome you to JOIN WITH US :)

HOW  ?

1. Bisa menghubungi miliser-miliser/blogger-blogger IT Muslim untuk mendapatkan
nomor rekening MIF (Kalau anda miliser/blogger IT Muslim semoga Anda tahu nomor
rekeningnya)
Rekening MIF juga bisa didapatkan
melalui milis  :

melalui Facebook group :
http://www.facebook.com/group.php?gid=78282753479

2. Bisa dengan memberi komentar atas blog post ini sebagai blog post di blog
Anda, email post di milis Anda, atau sebagai catatan di melalui Facebook ...
baik milis teknologi, milis sosial, milis alumni, milis jurnalistik, milis
Islam dll ... Penyebaran informasi MIF ke komunitas akan membuka peluang bagi
lebih banyak orang terlibat dalam "wind of change" ini ...
===
http://agusnizami.wordpress.com

Ayo Belajar Islam sesuai Al Qur'an dan Hadits
http://media-islam.or.id

      Berselancar lebih cepat. Internet Explorer 8 yang dioptimalkan untuk
Yahoo! otomatis membuka 2 halaman favorit Anda setiap kali Anda membuka
browser. Dapatkan IE8 di sini!