Dear Prens,

just an opinion, kalo ada salah diralat yaaa..

---Begini, bos saya meminta saya untuk membuat "secured Internet Area",
sebagai tempat untuk data2 rahasia kantor yang hanya dan hanya bisa
diakses oleh orang2 tertentu yang lokasinya beragam (meliputi dari
luar negeri).---

(Secured Internet Area mungkin bisa mengakomodir permintaan ini, tapi kalo
masih disimpen di Internet, kayaknya kurang bijaksana, karena internet kan
bisa diakses oleh siapa aja... namanya juga public network...)

---Saya kira, membuat jaringan vpn akan dapat memfasilitasi kebutuhan
tersebut.--
VPN mungkin lebih cocok. Bisa pakai VPN over internet kalo misalnya mo
mengakses dari luar.
solusi ini lebi tepat untuk akses non dedicated/mobile.  anda bisa instal
vpn gateway di server kantor dan instal vpn client di station di luar yang
mo akses ke server kantor.

Yang ingin saya tanyakan,
1. Ada tidak cara lain yang dapat memfasilitasi kebutuhan itu yang
mungkin pertimbangannya ialah konfigurasi yang lebih mudah, tempat
yang lebih aman, dan biaya yang lebih rendah.
(Pakai VPN over internet anda harus instal gateway (saya dengar ada yang
gratisan) sekalian dgn vpn client.
tapi di site server harus ada koneksi internet dng public IP static yang
bisa diakses dari luar, tapi jgn lupa pakai security-nya yang OK)

2. kalau memang vpn itu cukup, kami sudah membeli alat yang namanya
Multi homing Internet gateway, MH1000 dari Planet (produksi Taiwan)
yang katanya dapat digunakan untuk vpn. Saya sudah mencari tahu cara2
untuk menset vpn (server dan klien), tetapi sayangnya masih belum
berhasil. Kira2 ada gak dari para ITs yang berkenan berbagi informasi
sebagai pencerahan konfigurasi vpn.
(no comment u yang ini prens).mungkin ditambahin sama temen2 yang laen
soalan link nya....

CMIWW
best regards,
syahnan