On 5/24/07, K. Indragunawan <[EMAIL PROTECTED]> wrote:
> SETUJU !!!
>
> Ingat !!! Orang yang gabung di milis ini tidak dari kalangan yang "seragam".
> Mereka dari berbagai kalangan.

pemikiran yang menarik. dan benar.

jadi menurut anda, bagaimana cara agar berbagai kalangan ini bisa
mengerti satu sama lain?

tentunya tidak dengan yang satu kalangan menyuapi kalangan yang lain,
apalagi menjilat kalangan yang berbeda.

yang perlu itu adalah common ground, not to mention common sense.

common ground itu bisa berarti sama-sama bicara dengan bahasa
indonesia, dan nggak perlu sampai harus ahli di bidang psikologi untuk
memahami cara berpikir kalangan yang berbeda.

> Bahkan yang perlu diingat, untuk apa gabung milis kalau sudah pinter????
> Justru gabung milis untuk mendapat jawaban atas apa yang mengganjal di hati.

pernah kepikiran nggak kalau yang tahu jawaban atas masalah yang
dilemparkan ke sini ternyata nggak menjawab karena... "ngapain gabung
ke milis kalau sudah pinter".

> Berharap dapat jawaban atas masalah2 yang tidak terpecahkan. Atau sharing
> pengetahuan, meski pengetahuan itu kita anggap sdh basi dan ketinggalan
> jaman.
>
> Bagaimana senangnya klo sharing tersebut bisa dimuat dalam milis. Walau
> hanya sekedar cara shut down computer yang baik.

nggak ada yang salah dari tulisan anda di atas.

yang saya dan banyak yang lain keluhkan itu adalah yang bertanya
sikapnya terlihat sekali pemalas. maunya disuapin terus, nggak mau
belajar sendiri.

yang kebanyakan kita inginkan itu tunjukkan kalau anda sudah berusaha
semampu anda. dari sini saja kita sudah sangat paham tidak semua punya
tingkat pengetahuan yang sama kok. tapi jelas kita malas membantu
orang yang sikapnya terlihat sebagai pemalas.

kalau mau orang lain membantu anda, sediakan detail yang lengkap
tentang problem anda, dan langkah apa saja yang sudah anda lakukan.
help us help you.

terus kalau memang merasa tidak mengerti akan sesuatu, nggak usah
ditutup-tutupi seperti hal itu merupakan hal yang memalukan. malah
memalukan kalau ketahuan menutup-nutupi sesuatu.

terakhir, berkacalah di cermin, apa saja sih yang anda sendiri telah
sumbangkan ke milis sehingga merasa berhak menilai orang lain. nih
cermin anda:

things left unsaid, http://ryosaeba.wordpress.com
maxgain scams, http://maxgain.wordpress.com