to mas Ferdy

Memang saat ini para pekerja disaat-saat tertentu hanya bisa memperoleh
kesempatan bekerja lewat perusahaan Outsourcing.  Kalo gini, artinya anda
dikontrak alias jadi pegawai kontrakan via perusahaan outsourcing (OS) ybs,
yaitu ITSC, bukan karyawan langsung PT XXX.  Nah disini, dibutuhkan
ke-bijaksanaan anda untuk membawa diri, gimana caranya, positively tentu,
agar PT XXX bisa menjadi benar2 membutuhkan anda sebagai karyawan tetap,
bukan kontrakan dari ITSC.  Dari sini nantinya anda akan punya bargaining
power lebih ke masing2 perusahaan.

Perkara anda kecewa, terus terang, anda bukan satu-satunya pekerja yang
dikontrak perusahaan OS.  Ada ribuan pekerja lain yang bernasib kurang lebih
sama. Saran saya, be really good at your work, until the company really
really needs you.

to rekans yang lain, mungkin bisa saya sampaikan bahwa seorang pencari kerja
yang sangat membutuhkan pekerjaan penopang hidup, kemudian direkrut lewat
perusahaan OS, biasanya lebih mendahulukan masuk kerja, daripada membaca
kontrak kerja.  Kenyataannya yang saya lihat di beberapa perusahaan OS,
kontrak kerja baru datang paling cepat 1 bulan setelah bekerja, bahkan
setelah menerima gaji.  Adalah hal yang biasa seorang pekerja OS yang
bekerja di region (bukan di Jkt) menerima konfirmasi gaji dari HO perusahaan
OS yang merekrutnya (biasanya di Jkt) lewat telp.  Pengalaman saya bekerja
di 3 perusahaan OS yang berkantor pusat di jkt (saya direkrut di Medan) saya
selalu di tlp oleh HRD perusahaan OS ybs untuk menyampaikan jumlah gaji yang
akan saya terima, tunjangan dan sebagainya dan sebagainya.  Beberapa waktu
kemudian, setelah saya bekerja, bahkan menerima gaji, barulah kontrak item
diatas putih datang.

Saya beruntung kemarin itu direkrut oleh OS yang "manusiawi" menurut saya.
Karena personil nya sangat open tentang berapa sebenarnya biaya yang
dicharge oleh perusahaan OS yang merekrut kita ke perusahaan end user kita.
Basicly perusahaan OS selalu mendapatkan fee.  Besaran fee ini bisa aja
bervariasi antara 5% s/d 100%.  Karena biasanya perusahaan OS lah yang
membayar jamsostek dan beberapa pajak yang berkaitan dgn karyawan.

baru2 ini juga saya ikut dalam proses rekrutmen Sales melalui perusahaan
OS.  Untuk Sales yang direkrut, perusahaan OS lah yang akan membayar gaji
sales tersebut, misalnya 1,5 jt, maka seterusnya perusahaan OS akan
melakukan charge ke perusahaan end user, yaitu tempat saya bekerja, sebesar
1,5 jt ditambahakn dgn fee yang SEPANTASNYA mereka peroleh. ada 2 perusahaan
OS yang bersaing dan perusahaan yang melakukan charge yang paling rendah
yang dipilih.  Artinya fee nya yang paling kecil yang memperoleh kontrak
tsb.  Saya denger lsg kalau perusahaan OS yang menang tsb men-charge
perusahaan tempat saya kerja around 1,7 jt.  Katanya fee nya sekitaran 5 s/d
10% gitu.  Dan tingkat fee ini sama di 3 perusahaan berbeda tempat saya
direkrut sebelumnya.  Variasi normal yang saya ketahui adalah 10 s/d 30%.

tapi kalo sampe 100%, itu mah udah kebangetan.  Ini memang bukan urusan mas
Ferdy, tapi setau saya, dimana2 diseluruh bidang yang melakukan kegiatan
agensi, pencapaian keuntungan 100% bukan lah keuntungan, tapi udah
kehilangan hati nurani, dan kalo ga salah sebutannya itu "rakus".  Silahkan
anda menyebutnya bisnis, tapi selama berhubungan dengan keringat manusia,
wahh.... no comment lah (saya run out of words, mohon maaf kalo saya agak
emosionil mendengar yang 100% ini)

saran saya, hati2 aja deh berurusan dgn bisnis yang memberikan keuntungan
diatas normal.

syahnan