Kalau di awal bilang "permanen" lalu kemudian ternyata cuma kontrak, silakan
protes karena Anda ditipu.
Kalau di awal bilang "kontrak" lalu Anda melamar, Anda harusnya sudah tahu
kondisi yang bakal dihadapi seperti apa.

Saya tulis jelas: status kontrak.

Apa Anda ada sentimen pribadi, sehingga dianggap lowongan kerja itu
"merendahkan" Anda?
Memang lebih mudah menyalahkan orang lain daripada berpikir bahwa kondisi
Anda skr memang disebabkan diri Anda sendiri.

*"Kalau dalam 3 tahun lo gak bisa achieve gaji xx berarti ada yang salah
sama diri lo!"*
(pesan terakhir dari ex-manager sebelum dia resign.. dan saya masih kontrak
saat itu)