DISCLAIMER:
Informasi ini tidak untuk menggurui, tetapi berbagi pengalaman.

Dear All,
Sharing knowledge saja dengan sebuah DASHBOARD.

DASHBOARD??? apa yang akan kita bayangkan?

Ketika sedang menyetir mobil, kita akan melihat indikasi tentang
apakah bensinya habis, berapa kecepatan jalan mobil tersebut, berapa
suhu mesin mobil.

Dari bahasan sederhana diatas dipaparkan dalam sebuah DASHBOARD. Jadi,
DASHBOARD adalah sebuah visualisasi sederhana tentang indikator.

Indikator inilah yang diukur kedalam sebuah satuan yang
divisualisasikan dalam sebuah bentuk gambar dan atau angka.

DASHBOARD BAGI PERUSAHAAN
Sekarang kita coba masuk kedalam area dimana anda bekerja. Apakah di
industri, termasuk manufacture, financial, Healthcare, Retail,
Education and Energy. Masing-masing industri menggunakan dashboard
dengan cara yang berbeda, tetapi secara umum tujuan dari dashboard
adalah sama.

Fungsi dashboard  untuk membantu dalam mengidentifikasi elemen-elemen
kunci dalam sebuah perusahaan sehingga dashboard  sangat berguna bagi
perusahaan berdasarkam KPI(Key Performance Indicator) yang telah
ditentukan.

dashboard  adalah sebuah koleksi visualisasi data yang ditampilkan
dengan cepat dalam bentuk visualisasi untuk mendapatkan gambaran
bagaimana sebuah organisasi atau seksi organisasi perusahaan mengalami
perubahan performansi.

dashboard  mengijinkan seorang pengguna untuk memonitor aktifitas
bisnis dan proses bisnis yang sedang berlangsung sehingga memberikan
wawasan terhadap aktifitas perusahaan tersebut.

Sebagai contoh sebuah tool yang digunakan oleh dashboard  adalah
KPIs(Key Performance Indicator) yang memberikan kepada manajemen
perusahaan tentang sebuah ide yang akurat tentang bagaimana sebuah
unit sedang mengalami perubahan performansi tanpa harus melakukan
analisa yang lebih dalam. KPI sangat cepat dan efisien untuk
menyampaikan informasi dan merupakan bagian yang tidak terpisahkan
dari dashboard .

dashboard  mengijinkan pengguna untuk menganalisa penyebab kasus dasar
perubahan performansi dari berbagai macam perspektif/sudut pandang.
Sekali penyebab utama diketahui, maka hal ini akan memudahkan
organisasi/perusahaan untuk melakukan penyelarasan kebijakan yang akan
ditempuh.

dashboard  adalah sebuah alat yang mengijinkan pengguna untuk
memonitor dengan cepat dan menganalisa performansi perusahaannya

Mengapa menggunakan sebuah dashboard ?
Tujuan utama sebuah dashboard  adalah untuk mempersiapkan diri untuk
melakukan kebijakan perusahaan berdasarkan informasi data yang valid,
melakukan prediksi untuk performansi dimasa yang akan datang,
mempermudah dalam pengambilan keputusan. Keuntungan dengan adanya
dashboard  adalah mudah digunakan, penyajian data dalam bentuk
visualisasi, dan yang lebih penting adalah memberikan sebuah ide
tentang bagaimana membuat sebuah improvisasi  dan solusi terhadap
perubahan performasi yang sedang berlangsung.

ALAT BANTU MEMBUAT DASHBOARD
Dashboard dalam dunia IT, sudah masuk kedalam area BI(Business
Intelligence).

Yang saya tahu adalah tools untuk membuat dashboard. Saya sudah
beberapa kali membuat dashboard untuk beberapa instansi. Tools yang
saya pilih adalah Crystal XCelsius ver 2008(BusinessObjects)

Produk ini sederhana (Kecerdasan produk itu karena kesederhanaan
itu)dan canggih(menurut saya)  karena selain
menampilkan sebuah visualisasi data juga bisa menampilkan sebuah "What
If Analysis".

http://www.businessobjects.com/
http://www.xcelsius.com

Saya pun sudah membuat buku dan bahan-bahan training dan sample

Anda tertarik?

Jika ingin kontak, diskusi lewat JAPRI, silahkan by email/YIM/Telp

Sigit Yunanto
[EMAIL PROTECTED]
0816 460 49390