From: reghina saragih

Sebuah Perenungan

Sahabat...
Apa kabar ??? Aku perlu mengirimkan sepucuk surat untuk menyatakan padamu
betapa Aku memperhatikan kamu. Kemarin Aku melihat kamu berbincang - bincang
dengan teman - temanmu.
Sepanjang hari Aku menunggu berharap engkau mau bercakap - cakap dengan-Ku
juga. Aku memberimu senja untuk menutup harimu dan angin sepoi - sepoi untuk
menyejukkanmu dan Aku menunggumu, kau tidak pernah datang. Ini menyakitkan Aku
tapi Aku tetap mengasihimu sebab Aku sahabatmu.
Tadi malam Aku melihat kamu tidur dan Aku ingin menyentuh keningmu maka Aku
mencurahkan cahaya bulan ke wajahmu. Aku kembali menunggu ingin Aku meluncur ke
bawah supaya kita bisa berbincang - bincang. Aku punya banyak sekali hadiah
untukmu !
Pagi ini kamu bangun dan terburu - buru bekerja. Air mataku bercucuran.
Seandainya saja kamu mau mendengarkan Aku! Aku cinta padamu !!! Aku berusaha
mengatakannya melalui langit biru dan rumput hijau yang membisu. Aku
membisikkannya lewat dedaunan dan menghembuskannya lewat warna - warni bunga,
meneriakkannya padamu lewat aliran sungai pegunungan menjadikan burung - burung
gemar bernyanyi. Aku menyelimutimu dengan kehangatan sinar mentari dan memberi
wangi udara dengan wewangian alam. Kasih-Ku padamu lebih dalam daripada samudra
dan lebih besar dari kebutuhan yang paling besar dalam hatimu ! Mintalah
pada-Ku ! Berbicaralah pada-Ku! Jangan lupakan Aku. Banyak sekali yang harus Ku
bicarakan denganmu. Aku tak ingin mengganggumu lebih lama lagi. Ini tergantung
keputusanmu.
Aku telah memilih kamu dan Aku akan menunggu. Aku mengasihimu.

SAHABATMU,
Y E S U S

Untuk direnungkan :
Apakah selama ini kita pernah berpikir bahwa ada seseorang yang dengan setia
menanti kehadiran kita??? Bahkan ketika kita melupakan-Nya, Dia tak pernah
meninggalkan kita.
Ya! Dia adalah Tuhan kita yang setia dengan janji-janji Nya.
So.... What are you waiting for ???
From: Yuri rika

Pemutaran film tgl. 15 desember 2007

Shalom,

Dengan ini saya informasikan bahwa pada tgl. 15 Desember 2007 (hari Sabtu)
pukul 16.30 - 17.30 WIB akan diputar sebuah film yang berjudul "My Hope
Indonesia". Stasiun TV yang sudah bersedia memutar film ini adalah RCTI dan
sedang diusahakan juga diputar di TransTV dan TVRI secara serentak pada tgl. 15
Des. 2007 pukul 16.30 - 17.30 WIB.

Pemutaran film ini diprakarsai oleh Billy Graham Ministry (USA). Film serupa
pernah diputar di India dengan judul "My Hope India" dan berhasil memenangkan
jutaan rakyat India untuk menerima Tuhan Yesus sebagai Juru Selamat.

Untuk pemutaran film ini, Billy Graham Ministry melakukan doa puasa selama
sebulan dari tgl. 15 Nopember s.d. 15 Desember 2007. Mereka sangat peduli akan
keselamatan jiwa bangsa Indonesia, bagaimana dengan kita? Mari kita dukung
melalui doa agar pemutaran film ini benar-benar menjadi berkat bagi bangsa
Indonesia.

Thanks. GBU.

INFORMASI TAMBAHAN - My HOPE Indonesia - 15 Desember 2007 @16.30-17.30 WIB di
RCTI

Informasi Tambahan:
Judul filmnya bukan My Hope Indonesia, tetapi "SEBUAH PENANTIAN".
Pelaksanaannya dikoordinasi oleh "MY HOPE INDONESIA", sebuah organisasi yang
didukung oleh Billy Graham Ministry, dan pemutaran film ini akan menggerakkan
seluruh denominasi gereja di Indonesia.
Para pemain film ini antara lain Restu Sinaga, Nana Mirdad, Christine dan Mario
Lawalatta. Ditayangkan mulai pukul 16.30 - 17.30 TANPA IKLAN.

Sebuah kesaksian:
Para pemain film ini sepertinya sudah di saring oleh Tuhan, yakni dengan
batalnya salah seorang pemain yang sudah confirm.
Entah kenapa tiba-tiba beliau membatalkan kontraknya.
Ternyata Tuhan tahu siapa yang layak main dan siapa yang tidak layak main.
Artis tersebut tidak lama kemudian tertangkap polisi karena terlibat narkoba
dan saat ini sedang mendekam dipenjara.
Bayangkan betapa memalukannya film ini apabila yang main adalah artis
tersebut....
Yang menggantikan peran artis tersebut adalah Rudi Salam.
Film ini luar biasa, sehingga kalau mau nonton, sebaiknya ajak teman, saudara
untuk nonton bareng. Lebih seru!
GBU
From: Mauli Siahaan

LIHATLAH LEBIH JELAS!
(Yohanes 9:1-2)

Oleh: Pdt. Mauli Siahaan, STh
GKRI DIASPORA JEMAAT GERIZIM
E-mail: [EMAIL PROTECTED]

Sering kita mengeluh tentang apa yang terjadi dalam kehidupan kita sehingga
kita tidak bisa melihat apa yang Tuhan kerjakan melalui segala peristiwa yang
ada. Memang tidak bisa dipungkiri bahwa ada banyak masalah yang terjadi di
dalam kehidupan ini, tetapi tidak ada satupun dari semua masalah itu terjadi di
luar kendali Tuhan. Bagaimanakah kita bisa melihat setiap peristiwa dari
kacamata Tuhan?

Tidak ada yang salah dalam hidup ini
Suatu saat ketika murid-murid Yesus melihat seseorang yang buta sejak lahir,
mereka bertanya kepada Yesus tentang siapa yang salah sehingga orang itu
terlahir buta. "Waktu Yesus sedang lewat, Ia melihat seorang yang buta sejak
lahirnya. Murid-murid-Nya bertanya kepada-Nya: "Rabi, siapakah yang berbuat
dosa, orang ini sendiri atau orang tuanya, sehingga ia dilahirkan buta?"
(Yohanes 9:1-2). Mereka mengganggap ada sesuatu yang salah sehingga orang itu
buta. Memang dalam pemikiran orang Yahudi sebuah penyakit atau cacat tubuh bisa
diakibatkan oleh dosa, itulah sebabnya mereka ingin mengetahui akibat dosa
siapakah sehingga orang itu buta. Ada kalanya orang harus mendapatkan akibat -
seperti penyakit - karena dosa tetapi tidak semua penyakit diakibatkan oleh
karena dosa. Itulah sebabnya Yesus dengan tegas menjawab bahwa orang itu buta
bukan karena kesalahan siapa-siapa. "Jawab Yesus: "Bukan dia dan bukan juga
orang tuanya," (Yohanes 9:3a).
Seringkali kita menganggap sebuah kesalahan ketika kita mendapatkan sesuatu
yang kita tidak pernah inginkan sehingga kita cenderung menyalahkan diri
sendiri atau orang lain. Dan ada juga orang menyalahkan masa lalunya yang
mengakibatkan dia harus menanggung penderitaan dan kesulitan hidup sehingga
banyak orang tidak bisa lepas dari masalah yang sedang dihadapi karena tidak
bisa melihat pergumulan itu secara lebih jelas.

Tidak ada yang salah dalam hidup ini, yang salah adalah ketika kita
menyikapinya secara salah. Mungkin ada banyak hal yang kurang yang kita sedang
hadapi sekarang ini, tetapi bukan berarti itu sesuatu yang salah di dalam hidup
kita. Tidak ada salahnya ketika kita sakit kalau itu bukan karena dosa kita
sehingga kita tidak perlu mencari-cari siapa yang salah. Kalau kita hanya ingin
mencari apa dan siapa yang salah, maka kita tidak akan pernah bisa melihat
secara lebih jelas apa yang sedang kita hadapi di dalam hidup ini. Banyak orang
tidak pernah keluar dari masalahnya hanya karena ia tidak bisa menerima keadaan
itu dan lebih cenderung mempersalahkan keadaan itu sendiri.
Memang tidak bisa dipungikiri ada juga masalah yang kita hadapi sekarang
diakibatkan perilaku kita yang salah di masa lampau. Kalau itu yang terjadi,
maka jalan satu-satunya adalah bertobat dan kita akan dipulihkan. Tetapi banyak
hal yang terjadi di dalam hidup ini adalah sesuatu yang harus kita hadapi tanpa
harus melihat siapa yang salah. Demikian juga banyak orang tidak bisa menerima
keadaannya karena masalah itu diakibatkan oleh orang lain. Mungkin sering kita
mendaptakan perlakukan yang tidak baik dari orang lain sehingga kita lebih
cenderung mempersalahkan orang lain sehingga kita terjerat oleh sakit hati yang
membuat kita tidak pernah bisa lepas dari masalah kita.

Tidak ada satu orangpun di dunia ini yang mau diperlakukan semena-mena tetapi
kalau mau keluar dari masalah Anda mari berdamai dengan masalah itu dengan
tidak berusaha menyalahkan orang lain. Kalau Anda mau keluar dari masalah, maka
lihatlah masalah itu lebih jelas, bahwa tidak ada salahnya Anda mendapatkan
masalah itu karena memang itu hal yang harus dihadapi sebagai bagian dari hidup
ini. Sebab tidak ada hidup yang tidak akan pernah menghadapi masalah. Tetapi
setiap masalah adalah kesempatan untuk membuat diri kita menjadi manusia yang
lebih tangguh. Karena kita diciptakan bukan untuk lari dari masalah, tetapi
untuk berani menghadapinya. Namun orang yang seringkali menyalahkan orang lain
apalagi dirinya sendiri adalah orang yang tidak berani menghadapi masalah.

Mungkin hari ini Anda sedang menghadapi masalah di mana Anda diperlakukan tidak
adil oleh orang lain. Atau Anda sedang dihianati oleh orang lain. Memang itu
adalah sesuatu yang menyakitkan. Daripada menyalahkan orang lain, lebih baik
kita mencari apa maksud dari semuanya itu terjadi di dalam hidup Anda.

Setiap peristiwa yang terjadi ada maksud Tuhan di dalamnya.
"Jawab Yesus: "Bukan dia dan bukan juga orang tuanya, tetapi karena
pekerjaan-pekerjaan Tuhan harus dinyatakan di dalam dia." (Yohanes 9:3). Setiap
peristiwa tidak pernah terjadi di luar kontrol Tuhan. Itulah sebabnya ketika
Yesus ditanya tentang orang yang buta sejak lahirnya itu tentang siapa yang
berbuat dosa sehingga harus buta sejak lahir, Dia berkata bahwa ada maksud
Tuhan yang akan dinyatakan dengan masalah kebutaan-nya. Dengan kata lain bahwa
setiap peristiwa yang ter-jadi dalam kehidupan kita ada maksud Tuhan di
dalamnya.

Jadi setiap masalah yang kita hadapi adalah kesempatan untuk mengalami campur
tangan-Nya di dalam kehidupan kita. Sebab acapkali ketika kita dalam keadaan
tidak ada masalah kepekaan kita terhadap-Nya menjadi berkurang. Itulah sebabnya
Tuhan sering mengijinkan masalah datang agar kita tahu kepada siapa kita harus
berharap. Untuk itu jangan pernah sia-siakan kesempatan yang Tuhan sediakan di
dalam hidup kita untuk mengalami kuasanya lewat sikap yang tidak menanggapi
masalah secara benar. Jangan perparah masalah Anda dengan sikap yang
memberontak kepada Tuhan. Lihatlah pekerjaan Tuhan yang mau Tuhan nyatakan
lewat masalah yang ada karena tidak kebetulan Tuhan mengijinkan masalah itu
datang menghampiri hidup kita agar kita semakin mengalami pribadi-Nya di dalam
kehidupan kita.

Mungkin Anda berkata, "mengapa harus lewat masalah kita ditetapkan untuk
mengalami pekerjaan-pekerjaan Tuhan di dalam kehidupan kita?" Kalau hal itu
bisa kita alamai di saat-saat senang, maka Tuhanpun akan menyatakannya. Karena
Tuhan akan melakukan segala cara - tentunya yang tidak bertentangan dengan jati
diri-Nya sebagai Tuhan - agar Anda bisa mengalami pribadi-Nya dalam hidup Anda.
Dan seringkali yang paling ampuh adalah lewat masalah dan pergumulan hidup.

Jadi lihatlah persoalan Anda lebih jelas agar Anda bisa menyikapinya secara
benar. Karena Tuhan tidak akan pernah kompromi dengan cara-cara yang tidak
sesuai dengan pribadi-Nya hanya untuk membuat Anda mendapatkan apa yang Dia
sediakan bagi Anda. Tuhan ingin agar Anda semakin bertumbuh di dalam Dia,
itulah sebabnya Dia akan mendorong Anda untuk mengarah ke sana lewat setiap
peristiwa dalam kehidupan Anda termasuk melalui masalah-masalah dalam hidup
ini. Untuk itu jangan pernah mengeluh sebab justru demi kebaikan Anda Ia
melakukan semuanya itu. Yang penting adalah melangkahlah terus sebab hanya
lewat itu Anda akan sampai di semua rencana Tuhan dalam kehidupan Anda. Kalau
Anda berhenti apalagi mundur, maka Anda tidak akan pernah menikmati apa yang
sedang Ia sediakan untuk Anda. Sama seperti bangsa Israel yang keluar dari
Mesir di mana Tuhan telah menjanjikan bahwa Kanaan adalah milik mereka. Tetapi
bangsa itu tidak pernah sampai di Kanaan - kecuali Kaleb dan Yosua - karena
mereka tidak mau melihat secara jernih persoalan-persoalan yang ada dalam
perjalanan mereka menuju ke Kanaan sehingga mereka lebih suka mau kembali ke
Mesir. Ingatlah, hanya dengan sikap yang teguh dan yang terus melangkah
mengatasi setiap masalah-lah yang akan sampai di Kanaan kehidupan kita
masing-masing.

Oleh karena itu, lihatlah persoalan hidup Anda secara lebih jelas. Jangan
pernah mempersalahkan keadaan Anda, orang lain apalagi diri Anda sendiri. Sebab
tidak ada yang salah dalam kehidupan Anda, yang salah adalah ketika Anda
menyikapinya secara salah. Dan sadarilah bahwa setiap peristiwa yang ada tidak
pernah terjadi dengan sendirinya tetapi ada maksud Tuhan di dalamnya. Jadi
temukanlah setiap maksud dan rencana Tuhan dalam setiap peristiwa kehidupan
Anda dan ingat setiap rencana-Nya itu adalah yang terbaik dalam kehidupan Anda.
Untuk itu melangkahlah terus dan jangan pernah berhenti apalagi berpaling ke
belakang karena Anda akan menikmati segala yang baik yang Dia sediakan bagi
Anda. (*)

Kirim email ke