Hi all,

setelah hanya 10 hari, project spring-hibernate saya sudah didownload
sampai 1000+, kemudian saya menyadari bahwa hanya untuk aplikasi
desktop tidak perlu kita gunakan framework yang terlalu "canggih"
seperti spring dan hibernate, cukup JPA bawaanya netbeans saja,
hasilnya malah kode lebih rapi dan ringkas.

kalau dari sisi performanya startup aplikasi menjadi lebih ringan
karena tidak perlu startup dari Spring dan Hibernate, hanya perlu
startup dari JPA saja.

yang paling signifikan adalah penurunan ukuran distribusi dari 9.3Mb
menjadi hanya 3.8Mb, kemudian ukuran projectnya malah turun sangat
drastis sekali, template hibernate-spring ukuranya sampai 7 Mb
walaupun sudah dizip, tapi template JPA hanya berukuran 37Kb, hah?
yang bener? iyah, beneran. Hal ini karena semua library yang
diperlukan project template JPA ini semua sudah tersedia di NetBeans
6.0, jadi yang perlu anda download hanya source codenya saja,
librarynya tidak perlu, kalau berminat silahkan download di sini:

http://project-template.googlecode.com/files/JPA-Template.zip

--
Senior Engineer @ ArtiVisi Intermedia
http://ifnu.artivisi.com