Yup Frans,

Menurut gue sih itu adalah tren yang sudah tidak terhindarkan lagi, makanya
gue setup http://blog.komputasiawan.com sebagai media menuangkan tulisan
tentang cloud computing ini.

Dan soal ikut milis dan feed reader, saya ikutan topik BI dan hampir setiap
hari ada saja topik tentang cloud computing ini. Makanya hayo pada research,
jadi kita tidak ketinggalan banget. Dan menurut saya yang bisa kita riset
dengan serius adalah Hadoop, karena didukung semua vendor internet besar
juga sifatnya open source.

Untuk Google appengine saya lagi jajal karena dapat invitationnya, semoga
bisa dishare kalau sudah ada waktu. Cuma saat ini appengine supportnya hanya
bahasa Python, lagi coba-coba dan emang kenceng banget. Infrastruktur Google
booo :p

Kalau soal teknologi, sepertinya Microsoft, Sun, IBM, dsbnya ga masalah
lah... ga akan pusing :p Hanya masalah marketing dan dukungan developer aja
kok buat ngeramein.

Malah saya dengar Sun dalam waktu dekat sudah akan meluncurkan service cloud
ini juga... jadi aplikasi2 Java kita akan scale banget neh ;)

Regards,

Feris

2008/5/22 Frans Thamura <[EMAIL PROTECTED]>:

> topik cloud computing lg rame, kebetulan saya ikutanmilisnya, banyak orang
> Microsoft VP US disana tuh
>
> green cloud computing lgnaik daun
>
> tapi lg mabok juga

Thanks & Best Regards,