Klo setahu saya sap netweaver itu adalah keseluruhan produk ERP SAP, dalam
netweaver ini sendiri terbagi menjadi beberapa komponen antara lain :
  - Web application sever(ada 2 instance : Java dan ABAP)
  - ECC(ERP Central component)
  - EP(Enterprise Portal)
  - BI Server
  - XI Server(eXchange Infrastructure)
  - NWDI(Netweaver development infrastructure) yang di dalamnya kita bisa
lakukan SDLC untuk app berbasis java, di sini masih di bagi lagi menjadi
komponen untuk source management, build tools, system transport tools, dan
system landscape management.

  SAP sendiri punya teknologi UI yg berbasis MVC di namakan web dynpro, untk
back end-nya kita bs pake EJB atau menggunakan connector ke SAP ERP(ECC).

  Itu sepengetahuan saya, CMIIW ya...

  Thanks n Regards,

  -haric-
  ~there is no way to peace, peace is the way (Mahatma Gandhi)~

sjtirtha <[EMAIL PROTECTED]> wrote:
            SAP Netweaver itu application server SAP utk develop business
application.
  Pada dasarnya org* selalu ngebedain antara SAP Netweaver ABAP dan Java.

  Nah kalo yg java emang bener* katanya udah compliance dengan java 5.
  WebDynpro itu UI technologynya SAP, Webdynpro sangat model driven ui,
  jadi bisa generate Java dan juga ABAP code.

  Selain itu utk Java connect ke SAP Netweaver ABAP ada JCo
  (Java Connector).

  Kebanyakan org pake SAP Netweaver Java pasti jg pake SAP produkt.
  Soalnya kelebihan SAP Netweaver Java itu connect ke SAP Produkt jadi lebih
gampang.
  Selain SAP Netweaver Java sebagai application server, SAP jg sediain IDE
namanya SAP Netweaver Development Studio.
  IDE ini based on eclipse, terakhir gua pake sih masih pake eclipse 2.
  Kerennya SAP Netweaver Java punya versioning dan deployment engine sendiri,
SAP Netweaver Development Infrastucture.
  Jadi ga pake SVN atau CVS lagi.

  Paling gampang sih coba sendiri donlot langsung dari http://sdn.sap.com

  Steve

  On 5/30/08, Frans Thamura <[EMAIL PROTECTED]> wrote:             2008/5/30
Joshua Jackson <[EMAIL PROTECTED]>:
> Dear all,
>
> SAP Netweaver itu apaan sih? Sorry gw gak ngerti banget dan gak bisa
> liat barangnya. Apa ini semacam JavaEE server? Ada yang pake ini di
> organisasinya?

yah sama kaya Oracle Fusion, IBM Websphere

cuman dari SAP

dia Java EE 5.0 compilance juga

cuman ada WebDyn Pro, ini untuk komunkasi dg ABAP AP