----- Original Message ----
From: Useaxe Nur <[EMAIL PROTECTED]>
To: jug-indonesia@yahoogroups.com
Sent: Thursday, June 5, 2008 11:10:18 AM
Subject: [JUG-Indonesia]  fungsi java dan php
hi jg... :)

ni ada contoh dikit dari Forumnya Sun..
http://forum.java.sun.com/thread.jspa?threadID=723782

Pake :
-java.lang.String
-java.util.regex

Berdasar dari pengalaman... aku kasih dikit tips gimana migrasi dari PHP ke
Java..

1. Pahami konsep dasar J2se, Java Web (JSP, Servlet). ada perbedaan mendasar
dari PHP (scripting) and Servlet (interpreter) so, tinggalkan pola koding cut n
try. Di PHP, Ctrl+s -> F5 dah langsung running. di, Java.. IMHO, running time
adalah sesuatu yg mahal.. make sure your code is perfect before running time.
Makanya, ada unit testing (JUnit), so Test driven Development jadi lebih
elegant dibanding model cut n try.
untuk JSP (murni), mungkin bisa pake pola yg sama dgn PHP, but... not
recomended..

2.  Pahami konsep OOP, di PHP mungkin dah support sejak ver 5. but AFAIK, klo
di Java everything is an Object.... gak ada fungsi2 stand alone kaya di PHP..
so gak bakalan ada macam mysql_connect(), tanpa kamu definisikan dependecynya
(e.g JDBC, dll).

3. belajar debugging... AFAIK... di PHP gak bisa debugging khan..(kecuali
mungkin pake productnya ZEND) :D, secara teori emang sulit lah bikin debugger
bahasa scripting.. makanya IDE php yg open source mana ada fitur debuggingnya..
Debuging kadang diperlukan bwat trouble shooting.. n bagus juga bwat belajar
alur program.. but.. jangan keterusan... gak mendidik.. :D

4. Belajar sabar yah... :D gimana2 speed gak mungkin lah disamain, scripting
khan quick n dirty, java lebih elegant...

PS: segeralah beralih... terlalu lama mrogram di PHP bikin kamu sulit
paham konsep OOP, AoP, Design pattern dll... yg ujung2nya..
gak bisa 'naik kelas' ke System designer, dsb..

just my 2 Yen.. :D
Regards,
Reza

Kirim email ke