Hi Pak Bagus,

1. Subversion itu menggunakan socket untuk prokol svn dan http (webdav
enabled untuk memungkinkan penulisan di http) untuk komunikasinya.
Jadi iya... svn itu sebuah service server.

Untuk memulai di Windows yang mudah instalasinya bisa dilihat di :

http://www.codeproject.com/KB/architecture/Subversion_on_Windows.aspx

2. Yup, bisa dikatakan gitu namun kontrolnya lebih banyak... misalnya
versioning dan sebagainya.

Sebagai contoh untuk proyek saya (sampledata.org) svn hostingnya nya
bisa dilihat  di :

http://code.google.com/p/sampledata/

Version dengan komentarnya bisa dilihat di :

http://code.google.com/p/sampledata/source/list

Dan untuk file-file proyek yang disimpan dan folder-foldernya (biasa
dibuat trunks, branches, dan tags) bisa dilihat di :

http://code.google.com/p/sampledata/source/browse/

Semoga membantu....

Regards,

Feris

2008/9/14 bagussugiono <[EMAIL PROTECTED]>:

> teman teman dari jug-indonesia,aku pernah buka situsnya pak endy
> muhardin :http://nagasakti.mervpolis.com/roller/Ifnu/entry/20070129
> mengenai subvesion. temen temen dari jug-indonesia ada yang tahu cara
> installasi sampai penggunaanya?.saya ada sedikit pertanyaan
>  1. apakah subversion itu harus menggunakan server untuk menampung data?
>    kalau harus menampung datanya lewat server, bagimana caranya?
>
>  2. apakah subversion itu sejenis filesharing?
>

> terima kasih

Thanks & Best Regards,

Feris Thia
Business Intelligence Consultant