Hi Bung Joshua,
Ini ada salah satu perspektif dari saya :

2008/10/8 Joshua Partogi <[EMAIL PROTECTED]>

> JBoss juga sebenarnya ditengah jalan merubah aturan. Mereka jadinya
> punya 2 branch: yang community dan yang commercial, seperti RHEL dan
> Fedora. Tapi kok pada gak sebel yah sama movement mereka itu? :-D

Kalau kita posisiin diri di bisnis, ada satu pertanyaan : jaminan dari
komunitas itu apa ? ada kontrak untuk kepastian hukum / legal seperti
imdemnification ? Kalau mengharap versi komunitas aja yang "use as it is"
tanpa ada roadmap yang jelas dan SLA - Bung Joshua yang memperkenalkan ini
pada saya beberapa tahun yg lalu - tentu saja pada ga mau pakai kecuali
perusahaan mempunyai tim IT yang kuat.

Dan, kebayang ga kita mendirikan perusahaan support IT open source di
Indonesia yang mendukung proyek open source yang tidak profit ?

http://wiki.pentaho.com/display/BEEKEEPER/The+Beekeeper;jsessionid=99ABCAF2D8F82E7712CA3A3F6CE3A68A

Just my 2 rp.

Regards,
Feris