2008/10/13 Andry S Huzain <[EMAIL PROTECTED]>

> Dari pengakuan CTO/CIO yang gw temui waktu di NY: semua pakai opensource :)
>
> * Pentaho dan kroni-kroninya. Masih jarang yang mengutilisasi tapi Pentaho
> sempat disebut beberapa kali.Di pasar ini, orang-orang masih lebih percaya
> dengan Oracle BI.

Wah, Pentaho disebut juga ya.... promosi bagus neh :P

> * Open Standard: OpenID, OAuth, OpenSocial.

* Facebook platform

Tren dan tetap akan jadi tren. Saya lihat perkembangan social networking di
Indonesia juga lagi rame-ramenya :
- fupei.com
- cinta.co.id
- ada yang mau tambahin, kemarin ketemu beberapa tapi lupa situsnya :p

> Yang mestinya "hip" tapi ternyata nggak:
> * Cloud computing. Untuk startup mungkin iya, tapi untuk big companies
> kayaknya belum deh.
> * Distributed computing. Kayaknya cuma gw yg explore Hadoop/Mahout diforum
> itu :d
>
> Ada juga yang pake technology aneh2 sepert Tcl/Tk+ dan QT untuk bikin web.
> Tapi intinya, setelah saling beber kartu truff dan senjata rahasia,
> "pattern"nya kebaca kok: "open source is a way to go".
>
> Bukan karena Low-TCO Hi-ROI, tapi karena memang bagus dan strategis.

Ini setuju banget, dan perspektif itu yang seharusnya ditanamkan oleh
komunitas-komunitas open source yang ada di Indonesia. IMHO, itu bukan
dengan menyerang pihak lain tapi kerja dan hasil nyata :)
Dari sisi saya, untuk Pentaho lagi coba digiatkan implementasinya dan cari
partner di seluruh Indonesia. Open Source sudah sangat layak di BI ... hanya
masalah menguatkan dukungan / support untuk hal ini.

Regards,

Feris

Kirim email ke