Java juga gak portable antara mobile dengan desktop. Apa J2ME application
bisa run di PC tanpa emulator? Menurut gw yang penting bukan portability,
tapi interoperability. Mobile app bisa dibikin pake apa ajah, so long as
bisa communicate dengan desktop app. Berapa persen sih orang yg pilih Java
dengan reason supaya app yang sama bisa jalan di both PC n mobile.

Alasan orang pilih java menurut gw sebenernya community. Mindsetnya java itu
adalah mindset positive.. strong dan bisa tumbuh di alam sekeras apapun.
Java kan ditelantarin banget oleh vendornya (Sun). Jadi API, server,
framework, bahkan IDE, mesti usaha bikin sendiri. Mentalitynya, if it's not
there, then make it happen,... karna pretty much nothing is there. Ini bikin
komunitas java creative and innovative. Bisa berdiri sendiri tanpa disokong
vendor, n grow organically.

Vendor2 laen dibundle dengan lengkap dari IDE, framework, tools, sampe
server, dan bahkan architectural guideline dan development practices!
Kebanyakan kualitas framework2nya mediocore at best. Padahal banyak
alternative laen out there yg jaauhh lebih bagus (dan opensource), tapi
karna dah ada tool yg dibundle n officially supported, motivasinya kurang
kuat buat seeking out there buat the best products. Ngapain pake Windsor,
NHibernate, ato Monorail kalo di .net framework dah dibundle dengan ASP.net
MVC, EF, dan Unity. Ini bikin community effort lebih sepi. Blom lagi
kebanyakan client yg reluctant buat allow opensource tool di project,
terutama karna di .net framework dah lengkap ada semua (walopun crapy).
Bahkan kehidupan opensourcenya sampe perlu distimulus oleh vendornya,
misalnya microsoft yang bikin Codeplex sebagai opensource community buat
nampung berbagai ide2 dari komunity.

Sebaliknya di Java, justru JSR bertujuan ngebawa Java sesuai agenda dari
corporate2 kayak IBM, sun, oracle yang memperjuangkan kepentingannya
masing2.

Di situasi kayak gini, community java mesti kuat banget n innovative supaya
bisa hidup. Orang2 nyemplung ke java, langsung mesti terjun ke opensource.

IMO, ruby adalah perbandingan yang perfect buat java. Communitynya
influential banget.

2009/5/27 Samuel Franklyn <sfrank...@gmail.com>

> sfrank...@gmail.com <sfranklyn%40gmail.com>>>

> Bahasa lain yang punya semua feature diatas itu apa ya?
>
> Perl: Nggak bisa buat mobile. Tidak type safe.
> Python: Nggak bisa buat mobile. Tidak type safe
> Ruby: Nggak bisa buat mobile. Tidak type safe.
> PHP: Nggak bisa buat mobile. Tidak type safe.
>
> Sepertinya tandingan Java yang punya semua feature diatas cuma C/C++.
> Tentu saja untuk bisa multiplatform dengan mudah maka C/C++ musti
> dikombinasi dengan library C/C++ yang multi platform juga.
>
> Bahasa baru lain yang mungkin kalau sudah matang bisa mendekati
> [...]

Kirim email ke