From: Samuel Franklyn <sfrank...@gmail.com>
Subject: Re: [JUG-Indonesia] About Wicket
To: jug-indonesia@yahoogroups.com
Date: Thursday, October 1, 2009, 12:36 PM

                  Ifnu bima wrote:

> [...]

> sampe sini berhasil nampil, lah pada waktu di refresh kok ga nampil

> datanya? eh eh kenapa ini? ternyata kita juga perlu membuat kode

> serupa di method yang ditandai dengan @InitMethod (CMIIW) karena kalau

> Backing bean ini schopenya request, setiap kali ada request ke page

> backing beanya akan dibuat ulang. Bisa juga dibuat scopenya session,

> tapi setiap kali selesai request, variablenya harus di clear agar,

> misalnya halaman itu dikunjungi lagi tapi belum ada datanya malah

> muncul data yang lama

> Saya sih much much prefer Spring MVC Controller then JSF Backing Bean

He he he. Salah pendekatan. Kalau gua bikin DataModel custom JSF untuk

database yang support pagination. Model pemrograman DataModel custom JSF

ini familiar banget kalau buat gua. Kenapa? Karena mirip kalau

bikin grid loader custom di Visual Basic, Clipper dan RPG.

Pendekatan ini mulus sekali sampai saat ini bahkan aku pakai

untuk drill down grid dan grid yang bisa di filter.

> 2. The notion of Component

>   - heck kalau gw ga bisa bikin component dengan gampang, well ini sih

> seperti terkungkung dalam jerat component hell, apalagi kalau

> component documentationya bayar seperti ICEFaces

Yah ini memang titik lemahnya JSF. Dan baru dibenerin di JSF 2.0.

Alternatifnya adalah jangan bikin komponen JSF tapi bikin tag Facelets.

Pembuatan tag Facelets jauh lebih mudah. Tapi cara benerinnya di

JSF 2.0 adalah JSF 2.0 adopt Facelets sebagai view default.

Bwa ha ha ha. Pembuatan komponen memang jauh lebih mudah

di Wicket, Tapestry dan Click Framework.

> 3. Dialog

>   - Bikin dialog untuk lookup data master misalnya. 2007 pake

> richfaces, wew, bikin pening2 :((

Implementasi paradigma GUI di web memang pasti bikin pusing

kecuali frameworknya macam GWT, ItsNat atau ZK.

Saat ini untuk lookup aku pakai 2 cara

combo box html atau pakai sugestion box RichFaces. Combo box

untuk tabel yang jumlah datanya kecil dan sugestion box untuk tabel

lookup dengan jumlah data besar.

> 4. Lets do it all in POST

>   - wew what the heck they thinking?

Yup. Ini kelemahan besar JSF yang bahkan belum dibenahi di JSF 2.0.

Kalau kelemahan ini tidak bisa ditoleransi memang sebaiknya jangan

pakai JSF.

> Ya kira2 begitu sam, CMIIW, gw ga sanggup invest waktu lebih banyak

> lagi untuk explore JSF, jadi ketika terbentur masalah diatas, gw

> langsung giveup dan fallback to Spring MVC

Yah gua juga lagi iseng mau bikin aplikasi pribadi dan terpikir

mau bikin lagi pakai request framework. Bagaimana Spring MVC kalau

dibandingkan dengan Struts 2 kalau menurut elu? Lebih bagus mana?

Atau sama saja.

Kirim email ke