Hi Bung Wiyanto,

Iya, saya menggunakan aplikasi (framework juga sebenarnya) ETL open source :
Pentaho Data Integration/Kettle (http://kettle.pentaho.org/).

Kebetulan yang dihandle oleh client saya juga sudah cukup besar databasenya
(hasil SQL dump staging kurang lebih 300 GB). Di luar optimasi dari design
ETL yang sudah cukup kompleks, salah satu kendala adalah di performa I/O
dari SQL Server ini yang dalam jangka waktu terus menurun. Dengan aplikasi
yang sama, Oracle sangat konsisten kecepatannya. Ini dengan asumsi sama2
simple dumping ya.

Kita lagi coba upgrade driver dan melihat kemungkinan apakah memang di
driver atau design dari ETL itu sendiri. Tapi asumsi bottleneck kita saat
ini masih di driver. Kalau sudah selesai tuning, akan saya sharing dalam
bentuk artikel.

Regards,

Feris

Kirim email ke