sepertinya yang ditekankan pada pair programming itu lebih ke arah:

   - produktivitas meningkat, karena ada diskusi mengalir
   - membantu "think out of the box"
   - ada sanity check tentang apa yg dikerjakan; kalau kerja sendiri
   seringkali developer akan explore terlalu dalam di suatu hal, padahal ada
   alternatif lain yang lebih cepat;
   - code review berjalan selagi programming dilakukan

teknisnya seharusnya:

   - satu orang pada keyboard, coding, yang satu lagi memperhatikan dan apa
   yang dikerjakan dan mengomentari bila perlu
   - role ini dipertukarkan secara berkala tiap beberapa satuan waktu
   - tidak ada over time

--
Speed Optimization: Seek and ye shall find!

Kirim email ke