Sekedar masukan ajah...
Masalah sama pendidikan S1 di indo adalah selalu karna 1 hal: gak cukup
waktu. Masa belajar di uni terlalu pendek buat bisa nguasain lebih dari
"sekedar tahu". Gak bakal sempet buat sampe "bisa".
*Which is actually very wrong!* 4 taon kekurangan waktu, are you crazy? 4
taon itu lebih dari cukup buat nguasain Java dari scratch sampe very
advanced! 4 taon is a long long way dalam IT career. Masalahnya... dari
waktu 4 taon di kuliah indo itu lebih banyak dihabisin buat unrelated
subjects.

Gw gak tau karna gak pernah ngerasain universitas indo, tapi yang gw denger
dari temen n keluarga, mereka kuliah IT tapi ngabisin waktu belajarin:
maths, accounting, bahasa indo, inggris, kewiraan, bahkan kepribadian.. Wtf!
Tiap semester masak bisa sampe 7-8 subjects. Ini cuma buat ngabisin waktu di
kuliah buat maen2 doank.

Okeh universitas suka argue bahwa maths n accounting itu relevant karna IT
sering berurusan dengan developing scientific dan accounting softwares. Itu
bullshit! Dalam sebuah project team, programmer mana yg diexpect buat ngerti
knowledge dalam accounting, medical, astrophysics, ato aeronautical
engineering buat bikin software? That's why we have experts di bidang
mereka!

Universitas luar juga sama sih, banyak subject bullshit di S1 (dibanding
vocational school) yg gak ngasih manfaat apa2, yet sering bikin nilai jeblok
(karna gak generous ngasih score A). Ini contoh subject2 bullshit di uni
yang sering dibenci most students:

   - Computer ethics. Ini total bulshit yang ngebahas national dan
   international law di IT, misalnya intelectual property dan kontroversi
   computer-surveillance antara privacy vs security. Ini terutama isu hanget
   sejak 9/11 dimana masyarakat lebih bisa menerima computer surveillance dan
   mengorbankan privacy. How this became relevant dalem computer-engineering
   degree is beyond me.
   - Human Computer Interaction. Ini isinya penuh design theory dan human
   phsycology. Useless junk. Gw gak bakal ngambil software engineering degree
   kalo pengen jadi graphic artist ato phsycology expert.
   - Gw lupa nama subjectnya, tapi nghabisin 1 semester buat 6-sigma dan RUP
   (Raional Unified Processes), pretty much buat nulis bloated 600 pages of
   project documentation dengan waterfall model ngikutin RUP framework dalam 1
   semester. Mision, vision, goal, objectives, expectation, etc etc yang
   nghabisin BANYAK waktu lu di kuliah maupun rumah, nulisin huge pile of
   project documentation crap tanpa actually doing the real development. Waste
   of time banget

Yea lu liat sama2 banyak bullshitnya, tapi gak berlebihan. Itu lecture
hournya lebih pendek daripada practical subjects laennya. Dan walopun gak
relevan ke computer engineering degree, tapi at least masih the kind of
things yang lu bakal deal with dalem karir lu. Semua subject lu ada tema IT.
Gak kayak maths, kewiraan, kepribadian, accounting... wtf were they
thinking!?
Maths cuma ada di semester 1 doank: "Probability and Logics". Seumur2 gw gak
pernah tau apa itu calculus. Sedangkan di uni-local denger2 sampe belajar
calculus basic dan advanced, sampe 2 semester. Sometimes gw wondered apa
mid-semester mereka bakal bikin bom atom, ato kirim jankrik dalam kaleng
pepsi ke bulan?

Di negara laen, tiap semester cuma 4 subjects doank, banyak waktu buat cover
plethora of stuff. Gak dijejelin sampe 7-8 subjects yang selalu kekurangan
waktu buat dosen ngajarin apapun, dan gak pernah bisa ngasih banyak2
project/assignment karna studentnya dah kebanjiran assignments dari 7 orang
dosen laennya.
Total di US juga 4 taon, tapi most european countries cuma 3 taon, yang udah
lebih dari cukup buat learn a lot. Kebanyakan student emang diexpect buat
belajar sendiri diluar kuliah, tapi at least mereka gak nghabisin most of
their time nghafalin subject aneh2. Ini kan universitas, bukan SMP. Terlalu
mature buat diexpect belajarin hafalan aneh2 gitu.

Kurangin deh tuh jumlah mata kuliah yg mo diajarin. Lu cuma punya 2 tangan,
kalo lu mo nangkep 3 burung ya lepas semua, lu gak dapet apa2.
Kasih elective subjects yg student bisa pilih sendiri mana yg mereka mau
focus sampe dalem, daripada dijejelin semuanya. Sometimes less is more.

2010/3/22 Frans Thamura <fr...@meruvian.org>

> yah S1 cukup tahu aja kok :) gak perlu bisa..
>
> heheh :)

Kirim email ke