class biasa bisa, salah satu cara kalau pakai spring dengan membuatnya
message driven pojo.
tidak ada manfaat untuk membuat servlet menjadi message listener untuk
berespon terhadap jms. bukan tidak bisa, tetapi lebih baik dipisah.
servlet biasanya didesain untuk koneksi sinkronus (menunggu hasilnya keluar
segera atau timeout), sedang message listener untuk asinkronus (hasil bisa
diterima kapan saja sesuai dengan keinginan dan waktu penjawab).

2010/3/29 Roberto Fernandez <if07...@students.del.ac.id>

> Dear all.
>
> Saya baru belajar tentang messaging di java.
> yg saya ingin tanyakan, bisakah teknologi lain
> selain message driven bean sebagai jms message listener,
> semisal servlet, class biasa dll?
>
> Terima kasih sebelumnya.
>
> regards,
>
> Roberto Fernandez