bisa dengan jms murni. cuma message broker (atau jms server-nya) harus
diekspos ke baik manufacturer maupun dealer.
kalau datanya ga sensitif ga papa. kalau data sensitif biasanya manufacturer
lebih suka untuk konek dan autentikasi dealernya dulu.

ga bener kalau ga menggunakan jms ga bisa diakses dari java, dan ga bener
juga kalau message broker yang support jms hanya bisa diakses dari java
saja. teknologi queue dan topic sudah ada jauh lebih dulu dan lebih lama
dari teknologi java sendiri. jms hanyalah salah satu cara untuk mengekspos
service dari message broker itu sendiri.

contoh message broker yang support jms tetapi tidak hanya bisa diakses dari
jms:
websphere mq (bisa diakses dari berbagai bahasa, bahkan beberapa platform
seperti mainframe, unix, etc)
activemq (bisa diakses dari python, c++, etc)

-o--o---( ^  ^ )---o--o-
Speed Optimization: Seek and ye shall find!
In case it isn't in the cache yet, too bad, you've to wait 40x longer.
Daniel Baktiar (http://dbaktiar.wordpress.com)

2010/3/30 Roberto Fernandez <if07...@students.del.ac.id>

> @all
> Dari bbrp penjelasan (CMIIW)
> Jadi ga bisa yah, dengan JMS murni (tanpa campur tangan WS dkk.)
> spesifikasi pengiriman updated price terjadi??
> Begini kira2:
> Dari manufacturer -> kirim pesan ke Topic.
> Seluruh Delaer (listen event/message) ->jika ada pesan, update price di
> masing2 dealer.
>
> Yang ingin saya tanyakan kemudian, apakah Topic atau Queue itu bisa di
> konsume
> dari tempat lain?? Jadi nanti setiap dealer konsume ke Topic yg disediakan
> [...]

Kirim email ke