Ini gak bisa lah :P
1. gimana set masa berlaku licensenya dan tipe/jumlah licensenya
2. kalo orang decompile jar nya, semua orang bisa langsung generate
licensenya sendiri, tanpa perlu tamper with productnya sama sekali.

Umumnya license dibikin pake public/private key encryption.
Misalnya, di app gw tiap license itu ada informasi berikut:
1. ip dari license-servernya. i.e. license ini cuma bisa dideploy di ip ini,
dan another secondary ip buat failover purpose. Secondary license-server
cuma aktif strictly hanya kalo primarynya mati, jadi customer gak bakal
dapet double the amount of license yg mereka bayar
2. tipe licensenya (corporate, premium, professional, enterprise, etc)
3. jumlah licensenya (server keeps count berapa jumlah concurent users yg
acquire license dari pool)
4. masa berlaku licensenya
5. license key

License key ini digenerate dengan meng-encrypt empat informasi pertama
menggunakan secret (private) key yang cuma dipegang oleh HQ kita. Lima
informasi ini terus tinggal ditaro di license-file (in our case, xml) yang
didistribute ke clients. Di client side, licensing component kita bakal
validate file ini menggunakan public key. Licensing component cuma punya
public key, sehingga biarpun didecompile pun orang gak bakal bisa generate
new license key, karna buat generate butuh private key, yang cuma dipegang
oleh HQ office. Semua projects kita around the globe therefore bakal
regularly mesti minta ke HQ office buat generate new license key (assuming
customernya mo extend the license).

Dengan cara ini, biarpun cliet punya distribution jar, gak bakal bisa bikin
license sendiri, kecuali kalo mereka tamper with productnya dan modify
codenya ato public keynya, (also known as "crack"), which is very easy buat
di-detect (dengan memverify MD5 checksum dari jar file kita). No one bisa
generate license key yang valid dipake di legal version of the product yang
belom dicrack, sehingga pirates gak bisa ngejual "valid license-key" ke law
abiding citizens.

2010/4/9 Muhammad Edwin <edwin...@gmail.com>

> klo dulu gw bikin berdasarkan nama komputer (hostname) dari si PC, lalu
> hostname-nya gw encrypt pake jasypt
> jadi deh Serial Number, hehehhee....
>

> --
> Regards,