To relate to the requirement.. 3 konsep penting di SOA adalah distribution,
event-driven, dan extensibility.

1. Aplikasi ini harus bisa terdistribusi via WAN

Dalam SOA, tiap message-publisher dan message-handler adalah
autonomous-component yang runs di mesin terpisah. Lu gampang scale the
system dengan simply nambahin mesin baru yang runs another instance of
message-handler tertentu. Beginilah load didistribute across physical
machines, tanpa perlu load-balancer.

2. Aplikasi ini event-based

Komunikasi antar services dalam SOA tends to be dalam bentuk "events"
(messaging style), rather than "commands" (RPC style). Hence asynchoronous,
rather than synchronous.

3. Aplikasi ini harus bisa diextend oleh pihak ketiga dengan effort
seminimal mgkn..
Sebuah SOA app dicompose oleh multiple parties yang gak saling tau satu sama
laen (autonomous-components). Consequently, any new party bisa langsung
participate ke dalem sebuah SOA ecosystem simply dengan start listening to
particular types of events yg dia interested in, dan publish events yang
mereka mau other people to know.
Yah kayak gimana buat participate ke bulletin board di stasiun ajah. Any
passing stranger bisa langsung nimbrung dengan "baca" message yg ditulis di
papan, dan "tulis" apa yang lu mau orang laen tau. Begitulah gimana contents
dan community di papan itu grows ("extensible").

Kirim email ke