I think ini kayak ayem n telor... snowball effect..

Orang2 gak tertarik pasang internet karna gak ada terlalu banyak applikasi
online yang mereka butuh...
Institusi (swasta/negeri) gak mo sediain applikasi online karna gak terlalu
banyak orang yang dah pasang internet..

Di negara laen, company bikin online application buat save cost. Banyak
company2 kecil yang cuma punya toko online doank... terutama karna lokasi
dia jauh di suburb dan gak punya kantor yg bisa didatengin.
Mereka bisa save cost karna gak perlu sewa kantor di perkotaan.
Applikasi online biasanya adalah the main source of income buat most
companies. Consequently, online application adalah one of the very first
things yang mesti diurus saat lu setup a business.

Di indo... company bikin applikasi online tetep juga mesti punya toko
fisik... karna gak semua orang punya internet... Biasanya online system
mereka cuma contribute bagian yg sangat kecil dari bisnis mereka. Online app
adalah "expense", bukan "cost-saving", jadi IT system biasanya adalah hal
terakhir yang mereka butuhin. Kebanyakan businesses bisa do perfectly well
tanpa ngucurin dana IT at all... toh cuma 10% customer mereka yang punya
akses ke internet.

Dan again, dengan dikitnya company yang bikin applikasi online, kebanyakan
orang jadi gak feel compelled buat pasang internet. Gak terlalu banyak hal
di internet yang mereka butuhin. Muter deh jadi siklus snowball. Ayem n
telor.

Ini bedanya nih,..  di negara laen, company bisa afford pegawai fisik justru
adalah company gede yang punya dana extra, buat allow customernya interact
ke real human, bukan robot. Di indo kan company yang go online justru adalah
company gede yang punya kelebihan duit, bukannya company kecil yang kepepet
dana.

I dunno what can be done buat bikin 99.99% household di indo punya akses
internet. Tapi im sure itu bisa bikin IT industry naek pesat. Kalo lu dah
bisa assume everyone bisa akses internet, company2 bakal nge-spend dana IT
buat actually save money... bukan karna punya duit extra.

Kita2 yang kerja di IT industry soon bakal hidup di castle :)

2010/6/4 Frans Thamura <fr...@meruvian.org>

> Internet rendah karena pendidikan rendah
>
> Pendidikan rendah karena uang pendidikan dikemplang
>
> Bagi yg niat akses susah
>
> Buat member jug ini juga bukti. Seberapa dari kalian peduli ini. Selain
> ribut gaji. Bukti anda2 egois kan
>
> (m)
> *From: * Hendry Luk <hendrym...@gmail.com>
> *Sender: * jug-indonesia@yahoogroups.com

> [...]